oleh

Pengumpulan SK P2KD di Bangkalan, 3 Desa Telat

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Berkas surat keputusan (SK) beserta laporan pembentukan panitia pemilihan kepala desa (P2KD) harus segera dikumpulkan. Diketahui batas pengumpulan berkas tercatat tujuh hari setelah pelaksanaan pembentukan. Sedangkan P2KD Bangkalan juga sudah selesai dibentuk pada 3 Desember lalu.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan, Raditya menjelaskan, ada tiga desa yang mengalami keterlambatan pada saat pembentukan P2KD. Yakni Desa Bulung dan Trogan, Kecamatan Klampis, kemudian Desa Benangkah, Kecamatan Burneh.

”Tiga desa ini kemarin memang sempat mengalami masalah, jadi sedikit ada keterlambatan,” ulasnya.

Menurut Radit, perihal pembentukan P2KD yang bermasalah, pembentukannya tidak sampai diambil alih. Tetapi dalam pelaksanaannya harus didampingi oleh pengawas dari  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan.

”Karena kesalahan komunikasi ini, maka kemarin sempat diperpanjang hingga dua hari,” paparnya.

Sedangkan untuk SK ditentukan selambat-lambatnya dikumpulkan melalui petugas kecamatan setelah tujuh hari pasca pembentukan P2KD. Sehingga nantinya bisa dilanjutkan pada tahapan selanjutnya, yakni proses pengajuan dana.

”Sementara ini sudah banyak yang menyetorkan, tapi semoga saja besok sudah selesai semua,” katanya menjelaskan kemarin.

Sekretaris Kecamatan Kamal Ainul Yakin menyampaikan, kondisi di lapangan tidak sepenuhnya sesuai dengan harapan. Bahkan di kecamatan Kamal, beberapa desa hampir mengalami kesalahpahaman komunikasi yang serupa. Sehingga itu menjadi salah satu alasan keterlambatan lamanya pembentukan P2KD.

”Di Kamal ini hanya empat desa. Tapi memang gejolaknya bervariatif, jadi tidak bisa disamakan,” ulasnya.

Tetapi menurut lelaki yang akrab disapa Yayak tersebut, pembentukan P2KD memang sudah selesai. Tetapi pengumpulan berkasnya masih belum tahu selesai atau tidak. Jika memang harus segera disetorkan maka seharusnya bisa segera diselesaikan.

”Sepertinya kalau di Kamal sudah semua, karena sudah persiapan menuju hearing atau bimbingan teknis pelaksanaan,” pungkasnya. (km 59/mam)

Komentar

News Feed