oleh

Pengunjung Pasar di Bangkalan Abaikan Protokol Kesehatan

Kabarmadura.id/Bangkalan – Sebagian besar pengunjung di Pasar Galis Bangkalan tidak mematuhi protokol kesehatan. Mereka tak menggunakan masker ketika berkunjung ke pasar, Sabtu (22/8/2020).

Berdasarkan pantauan kabarmadura.id, beberapa pedagang atau pembeli tidak menggunakan masker saat memasuki pasar. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak satu sama lain, hingga rajin mencuci tangan dengan sabun, tak ada yang dilakukan.

Salah seorang pengunjung Pasar Galis Bangkalan Abd Rohman mengaku, dirinya tidak lagi menggunakan masker karena menganggap Corona di Bangkalan, khususnya di Kecamatan Galis, sudah tiada.

“Untuk apa menggunakan masker, toh Corona di sini juga sudah tidak ada,” ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan telah merevisi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 46 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan. Perbup itu sebagai tindak lanjut dari Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Bangkalan Ra Abdul Latif Amin Imron ketika melakukan sosialisasi di Bangkalan. Itu untuk menanggulangi penyebaran wabah Covid-19 dan masa adaptasi baru khususnya di Kabupaten Bangkapan.

“Perbup Nomor 46 itu nanti ada poin-poin yang harus kita tambahkan termasuk sanksi, sanksi untuk masyarakat yang tidak menggunakan masker,” tuturnya.

Pasalnya, Perbup itu sudah jelas ada sanksi material maupun sanksi sosial untuk pelanggar protokol kesehatan.

Namun, fakta di lapangan khususnya di Kecamatan Galis Bangkalan, tidak ada tindakan yang tegas untuk hal tersebut. (Salman/nam)

Komentar

News Feed