Pengurusan NIB di Bangkalan Terkendala OSS yang Error

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ISTIMEWA) PENGECEKAN: DPMPTSP Bangkalan melakukan pemeriksaan nomor induk berusaha  (NIB) kepada pelaku usaha mikro di tiap kecamatan.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bangkalan memang menggalakkan pelaku usaha mikro untuk memiliki nomor induk berusaha (NIB). Namun pengurusan NIB tersebut masih terkendala kartu keluarga (KK) dan KTP yang tidak terbaca oleh sistem Online Single Submission (OSS).

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Hotib Marzuki menuturkan, banyak usaha kecil masyarakat yang belum memiliki NIB atau badan hukum berusaha sampai saat ini. Dia mengaku telah mendorong masyarakat agar bisa mengurus hal itu. Tetapi, saat melakukan pendampingan langsung, warga  yang mengeluhkan NIK-nya pada KK tidak terbaca atau dinyatakan tidak terbaca di sistem OSS.

Bacaan Lainnya

“Saya mendapatkan laporan itu, tentunya ini menjadi masalah baru. Kok bisa ini tidak bisa terdaftar, seolah-olah KTP ini palsu,” tuturnya.

Hotib mengaku akan menyampaikan permasalahan ini kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dan DPMPTSP Bangkalan. “Dan e-KTP ini kan berlaku seumur hidup. Jadi yang bermasalah yang mana ini. Nanti kami sampaikan kepada teman fraksi di DPRD saat ada rapat paripurna mengenai NIK yang dinyatakan tidak sesuai oleh OSS tersebut,” paparnya.

Politisi PKB ini mengungkapkan, carut marutnya pengurusan NIB ini akan dibahas lebih lanjut lagi. Apabila yang bermasalah di identitas milik warga, pihaknya akan meminta pemanggilan dan klarifikasi Dispendukcapil oleh anggota legislatif di Komisi A. Namun, jika yang bermasalah ada di DPMPTSP Bangkalan, Hotib akan meminta Komisi B untuk menindaklanjuti hal tersebut.

“Kalau ini bisa terbengkalai, kan eman ini, Sementara dinas meminta pelaku usaha segera memiliki NIB. Jangan sampai pelaku usaha menunda pengurusannya, karena terkendala hal ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Pengendalian Pelaksanaan DPMPSTP Bangkalan Jemmy Tria Sukmana mengakui bahwa OSS sering kali bermasalah. Namun, OSS yang bermasalah menurutnya hanya sekedar error sementara. Sehingga, dia berpesan kepada pelaku usaha agar tetap mengurus NIB.

“Kami bisa bantu. Kalau error dan keesokan harinya tidak bisa, langsung datang ke kami, akan kami bantu,” ungkap Sukmana.

 

Reporter: Fain Nadofatul M.

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *