Pengusul Bertambah Signifikan, Beasiswa Santri Berpotensi Melampaui Target

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) DIVERIFIKASI: Jumlah pesantren pengusul bertambah signifikan, beasiswa santri berpotensi melampaui target.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Menarget 2 ribu santri bisa mendapatkan beasiswa santri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menerima usulan 85 pesantren untuk mendapat program itu. Kendati begitu, usulan tersebut tidak serta-merta dinyatakan sebagai penerima, masih diverifikasi dan divalidasi.

Progres dari program beasiswa santri tahun 2021 ini mengalami peningkatan  dibandingkan tahun 2020, karena yang mengusulkan hanya 61 pesantren. Sebab, target di tahun 2020 masih 1.652 beasiswa santri.

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Pamekasan Halifaturrahman, penambahan pesantren mitra pada tahun 2021 disesuaikan dengan banyaknya target pemberian beasiswa.

“Kalau yang diusulkan sudah terpenuhi 2 ribu santri, sesuai dengan target, tetapi ini masih diverifikasi, baik melakukan verifikasi administrasi maupun verifikasi secara faktual,” paparnya, Kamis (26/8/2021).

Verifikasi tersebut ditargetkan rampung Agustus 2021 ini. Dokumen yang diverifikasi itu adalah mengenai domisili peserta, termasuk statusnya yang harus sebagai siswa kelas 1 SMP sederajat dan berasal dari Pamekasan. Jika tidak sesuai dengan syarat itu, maka akan didiskualifikasi.

Pria dengan sapaan Mamank itu juga menyampaikan tentang beragamnya jumlah usulan dari masing-masing pesantren mitra, sesuai dengan kemampuan masing-masing pesantren.

Adapun untuk penambahan pendamping dari masing-masing pesantren, masih dikaji. Jika dirasa cukup dengan 61 pendamping yang sudah ada, maka tidak akan ada tambahan.

“Kami sedang mengkaji tentang penambahan itu, sementara pada tahun yang lalu ada 61 pendamping,” tutup Mamang. (rul/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *