Penuh Dokumen Lama, Ruang Depo Arsip Overload

  • Whatsapp
MENUMPUK: Banyaknya koleksi yang menumpuk di gudang depo arsip.

Kabarmadura.id/Bangkalan-Gudang depo arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangkalan overload, hingga tidak ada tempat lagi untuk menerima berkas yang baru. Dalam gudang kearsipan tersebut banyak dokumen-dokumen penting serta foto orisinil peninggalan sejarah. Tidak hanya itu, di sana juga masih tersimpan data dari hasil kerja yang tersimpan di gudang depo arsip sejak 170 tahun silam.

Kepala Bidang Kearsipan Perpustakaan Bangkalan Muhammad Busiri menyatakan, sekarang gudang depo arsip sudah overload.

“Sekarang tidak bisa menerima penyimpanan berkas lagi, sebab bangunan tersebut sudah penuh dengan data dan dokumen. Sebenarnya bangunan tersebut sudah penuh pada 4 tahun silam,” tuturnya, Rabu (22/1/2020).

Setiap arsip dan dokumen dari setiap OPD di kabupaten Bangkalan memang disetorkan setiap 5 tahun sekali. Namun, karena keterbatasan gedung, pihaknya berharap agar  setiap OPD  memiliki arsip yang disimpan di kantor masing-masing,  sebelum diserahkan ke depo arsip.

Dengan kondisi bangunan yang penuh dengan data penting, dirinya melakukan sosialisasi ke setiap OPD serta setiap kecamatan agar memiliki record center untuk menyimpan dan mengarsipkan data-data penting di setiap kantor masing-masing sebelum diserahkan kepada depo arsip.

“Sampai detik ini kami selalu melakukan sosialisasi agar semua OPD melakukan record center di setiap OPD masing-masing,” tuturnya.

Sampai saat ini yang memiliki record center di Kabupaten Bangkalan hanya 3 OPD di antaranya Bappeda, PUPR, dan Dispendukcapil. Selain dari tiga OPD tersebut masih belum memiliki record center.

“Kami akan sosialisasikan agar mereka juga juga punya kompetensi untuk merawat arsip,” terangnya. (km50/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *