oleh

Penuh Perjuangan Mendirikan UI Sumenep

Kabarmadura.id-Klub sepak bola Manchester United yang tengah berkompetisi di kasta tertinggi Liga Inggris, sudah tidak asing lagi di telinga pecinta sepak bola, terutama yang kerap kali menyaksikan Liga Inggris.

Klub ternama itu sudah memiliki basis penggemar yang melimpah di seluruh negara. Salah satu komunitas pendukung MUFC di Indonesia bernama United Indonesia (UI) yang sudah tersebar di beberapa daerah, termasuk di Kabupaten Sumenep.

Menurut Koordinator Daerah (Korda) UI Sumenep RM Doddy Dila Dewantara, komunitas tersebut berdiri di kabupaten paling ujung timur Pulau Madura ini sejak 3 November 2012.

Awal mula berdirinya UI Sumenep, hasil berundinganya antara Doddy dengan kedua temannya yang bernama Hefni dan Trian untuk membuat UI Sumenep.

Kesepakatan ketiga pecinta klub berjuluk Setan Merah itu dimulai dengan membuat grup WhatsApp UI Sumenap dan mendaftarkan diri ke UI Nasional.

“Berdirnya UI Sumenep ini pada 3 November 2012. Saya dan kedua teman saya Hefni dan Trian sepakat untuk mendirikan komunitas ini. Itu tidak terlepas juga kami suka menonton dan pecinta Manchester United. Kami daftarkan komunitas ini,” cerita Doddy kepada Kabar Madura, Kamis (26/3/2020) siang.

Paca-terbentuknya komunitas itu, Doddy cs berasumsi, di Kabupaten Sumenep tidak sedikit yang mencintai Manchester United. Hal itu mendorong ketiganya untuk menyebarkan informasi komunitas itu melalui media sosial facebook.

Di samping itu, informasi terkait UI Sumenep juga dilakukan melalui pamflet pendaftaran yang disebar ke sekolah-sekolah di Sumenep. Penyebaan pamflet itu, kata Korda UI Sumenep yang berusia 28 tahun ini, dilakukan setiap hari.

“Menyebarkan pamflet ke setiap sekolah dan juga menempelkan di tembok – tembok pada tahun 2012, karena kami yakin fans Manchester United di Sumenep pasti lah sangat banyak. Setiap hari, kami melakukan hal tersebut untuk mengumpulkan mereka,” curhatnya.

Sejauh ini, UI Sumenep ini tetap eksis dengan programnya nonton Manchester United bersama, kopi darat, bermain futsal bersama, dan ikut acara nonton bersama di luar Kabupaten Sumenep bersama komunitas serumpun.

Tidak sebatas kegiatan yang berbau olahraga, UI Sumenep juga aktif bergerak dalam penggalangan dana yang dikumpulkan secara nasional.

“Selain yang sesuai dengan basis komunitas ini, kami melakukan hal-hal kemanusiaan, seperti galang dana dan lain-lain,” tutup Doddy. (idy/nam)

Komentar

News Feed