Penundaan Pilkades di Sumenep DIpastikan Tidak Ubah Segala Tahapannya

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) MENYESUAIKAN: Penundaan pelaksanaan pilkades tidak banyak mengubah semua proses dan tahapannya.

KABARMADURA.ID, SUMENEP –Meski secara teknis banyak yang harus diperbaharui lantaran penundaan pilkades serentak, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep memastikan, berdasar regulasi, tidak ada pembatalan pada tahapan yang sudah ditetapkan.

Rencana awal, pelaksanaan pilkades serenrak di 82 desa mestinya dijadwalkan pada 8 Juli 2021, lantaran ada penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) maka ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

Kepala DPMD Sumenep Moh Ramli mengatakan, tidak ada perubahan tahapan dalam prosesnya, hal itu bersandar pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 45 Tahun 2021.

Sehingga, lanjut Ramli, semisal dalam beberapa bulan terakhir banyak masyarakat yang meninggal, berhubung daftar pemilih tetap (DPT) sudah final, maka tidak ada perubahan dan semua logistik yang sebelumnya tetap sah digunakan.

“DPT itu sudah tidak bisa ditambah setelah ditetapkan, maka jika ada perubahan misalnya ada yang meninggal maka bisa dicoret ketika pelaksanaan nanti,” kata mantan kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep itu.

Sementara untuk mengantisipasi ada indikasi permainan jumlah DPT yang sudah meninggal itu, pihaknya selain merokomendasikan badan permusyawaratan desa (BPD) untuk menyiasatinya, saksi calon juga dituntuk melakukan pengwasan secara ketat. Termasuk undangan yang disebar, tetap digunakan meski tanggalnya sudah lewat.

“Nanti bakal ada semacam pengumuman menggunakan pengeras suara dan berkeliling ke dusun-dusun terkait pelaksanaan pilkades,” imbuhnya.

Pelaksanaan pilkades belum bisa diprediksi, terlebih, panitia dan tim kabupaten masih melakukan rapat koordinasi.

“Tapi kalau sebelum tanggal 17 (Agustus 2021) sangat tidak mungkin, kalau panitia dan tim kabupaten inginnya pilkades dilaksanakan sesegera mungkin, biar cepat tuntas,” ujarnya. (ara/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *