Penyaluran Alsintan di Sampang Terganjal Kehadiran Poktan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) MENUNGGU: Sebanyak empat alsintan jenis hand tractor masih berada di halaman belakang Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan dan KP) Sampang.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Sebanyak empat hand tractor belum disalurkan ke kelompok tani (poktan) oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta dan KP) Sampang. Alat pertanian tersebut, merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) tahun 2021. Empat hand traktor merupakan sisa 14 unit alat mesin pertanian (alsintan) yang direalisasikan tahun ini.

Hanya saja, terdapat 10 alsintan yang sudah disalurkan ke setiap poktan. Sedangkan sisanya, empat unit masih berada di halaman belakang Disperta dan KP. Informasi yang dirangkum Kabar Madura, belasan hand tractor tersebut merupakan hasil program usulan dari salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dapil Madura.

Bacaan Lainnya

Sehingga, data penerima sudah ada dari Pemerintah Pusat. Bahkan, penyalurannya dilakukan oleh Dispertan dan KP di Sampang. “Kami murni sebagai penyalur kepada petani, prosesnya dari pusat turun berupa alsintan beserta dengan data penerimanya. Tugas kami, hanya melakukan pencocokan data saja,” ujar Kepala Dispertan dan KP Sampang Suyono, Senin (13/9/2021).

Disinggung mengenai sisa hand tractor? Pihaknya mengaku, jika alat tersebut memang belum disalurkan. Sebab, belum dijemput oleh poktan penerima. Apalagi, sebelum menerima bantuan setiap poktan harus mendengarkan penjelasan dan arahan mengenai cara perawatan dan pengelolaan alsintan. Kemungkinan, akan diserahkan dalam minggu-minggu ini.

Sedangkan untuk teknisnya, melakukan pemberitahuan penerima melalui undangan resmi terhadap poktan penerima. Setelah itu, memberikan arahan dalam pemanfaatan dan perawatan bantuan secara kelompok. “Sebelum disalurkan kami undang penerima bantuan. Mereka dilatih cara perawatan dan pengelolaanya,” jelasnya.

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *