oleh

Penyaluran Bansos di Kabupaten Sumenep Molor

KABARMADURA.ID, Sumenep -Realisasi bantuan sosial (Bansos) Covid-19 dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep belum berjalan optimal. Molornya bansos terjadi pada mitra kerja Dinsos sebagai penyalur. Hal ini diungkapkan, Kadinsos, Kabupaten Sumenep, Mohammad Iksan, Kamis (01/10/2020).

Menurutnya, penyaluran bansos saat ini masih terealisasi sekitar 10%. Pihaknya akan menekan terhadap pihak Bulog dan PT. Dos Ni Roha (DNR) sebagai mitra kerjasama. Sehingga bantuan terhadap keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan PKH itu harus benar-benar terealisasi pada bulan Oktober ini.

“Program ini seharusnya direalisasikan sejak bulan Agustus 2020, tapi masih baru tersalurkan pada akhir September dan akan dilanjutkan pada bulan Oktober ini,” ujarnya.

Bansos yang tidak tersalurkan mencapai 45 kg beras, terhitung selama tiga bulan yakni Agustus hingga Oktober. Untuk realisasinya bansos sebesar 15 kg per KPM PKH. Menurutnya,  dari penyaluran itu hanya empat kecamatan yang sudah direalisasikan.

Masing-masing, Kecamatan Kalianget, Kota, Manding, dan  Guluk-guluk. Sedangkan dari jumlah keseluruhan kecamatan penerima bansos sebanyak 27 kecamatan. “Dari KPM PKH yang berhak menerima bantuan itu sebesar 68.854 program PKH, dan itu harus selesai bulan ini,” tambahnya.

Pihaknya mengaku telah melakukan koordinasi, bahkan pihak Bulog dan PT. DNR telah menyanggupi agar penyaluran Bansos itu cepat terealisasi 68.854 program PKH. “Kami juga koordinasikan dengan pihak Bulog dan PT. DNR agar waktu yang tersedia bisa dimaksimalkan,” ucapnya.

Mohammad Iksan menuturkan  jika bansos itu tidak bisa  terealisasi pada bulan Oktober ini, maka  akan mengajukan laporan ke Kementerian Sosial (Kemensos) untuk mendapatkan sanksi sesuai dengan kontrak PT. DNR dengan Kemensos. “Ya bagaimana pun ini harus disanksi kalau tidak selesai pada bulan ini,” sesalnya.

Penyaluran bantuan pada empat kecamatan yang telah selesai dilakukan itu masih belum terhitung dengan bulan Oktober. Sebab bansos tersebut  seharusnya disalurkan pada Agustus kemarin. “Penyaluran kemarin itu hanya untuk penerimaan bulan Agustus dan September,” pungkasnya. (km55/ito).

Komentar

News Feed