Penyandang Disabilitas asal Torjun Juarai Beragam Perlombaan Catur Tingkat Regional

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) POTENSIAL: Muhlis, atlet difabel asal Torjun, Sampang yang berhasil meraih banyak prestasi di bidang catur.

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Muhlis (28), penyandang disabilitas asal Desa Kanjar Kecamatan Torjun berhasil menorehkan prestasi di bidang catur di tingkat regional dan nasional.

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sampang Fadol melalui Sekretarisnya H Toriqin menyampaikan, Muhlis merupakan pria usia 28 tahun yang mempunyai keterbatasan bicara. Namun, ia mempunyai kelebihan dalam bermain catur.

Ia sendiri merupakan atlet catur senior  andalan Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sampang.

“Meski ada keterbatasan bicara, Muhlis punya kelebihan dalam bermain catur, dan prestasi yang didapat banyak. Saat ini, ia membimbing para juniornya yang sedang latihan bersama pelatih dan  Pengurus Pengkab Percasi,” tuturnya, Kamis (17/6/21).

Ia menambahkan, Muhlis nantinya akan dijadikan atlet yang berlaga di paralympic se-Indonesia mewakili Jawa Timur, tempatnya di Papua. Karena, kalau se-Jawa Timur, menurutnya,  ia tidak ada lawan tanding sesama atlet difabel.

Kendati demikian, ia menyampaikan, Muhlis menjadi atlet binaan Percasi Sampang semenjak umur 6 tahunan. Bahkan, pada kejuaraan provinsi yang merupakan kegiatan atlet normal artinya bukan atlet difabel, ia kadang masuk 10 besar. Dan untuk di Madura, kadang juara 1, 2 dan 3 seperti kemarin saat Bupati Cup se-Madura yang dilaksanakan di Sampang, ia berhasil meraih juara 1.

“Prestasi yang pernah diraihnya yaitu menjadi juara 1 beregu dan juara 2 per orangan Paralimpyc Game di Bandung. Juara 2 Open Turnamen se-Madura tahun 2020 di Sumenep, juara 3 Bupati Cup tahun 2019 di Pamekasan, juara 1 Bupati Cup di Sampang tahun 2021, juara Ketua DPRD Sampang Cup tahun 2021, dan juara 1 Paralympic Jawa Timur di Surabaya tahun 2021,” pungkasnya. (mal/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *