Penyediaan Jaringan Internet OPD di Bangkalan Terkendala Topologi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) RAMAI: Warga saat mengantri di depan layanan Dispendukcapil Bangkalan di MPP Bangkalan Plaza lantai 3.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Penyediaan koneksi internet untuk operasional organisasi pemerintah daerah (OPD) belum sepenuhnya terealisasi. Setelah muncul kebijakan penyediaan secara terpusat melalui Dinas Komunikasi Dan Informasi Bangkalan, banyak OPD belum dapat bekerja secara maksimal, karena terkendala topologi jaringan yang belum selesai dibuat.

Salah satu petugas pelayanan di MPP Ajeng Kurniawati menyampaikan, beberapa layanan belum bisa dilakukan maksimal. Hal itu karena belum ada koneksi jaringan.

Bacaan Lainnya

“Koneksinya mati, jadi belum bisa beroperasi pelayanannya,” tuturnya.

Ajeng menambahkan, sudah sekitar dua bulan lebih layanan dilakukan secara manual. Hanya bisa melayani di waktu-waktu tertentu saja. Dirinya mengharapkan agar pemerintah daerah segera menyediakan kebutuhan internet tersebut.

“Kadang kami layani dengan koneksi mandiri, tapi tidak maksimal, semoga segera bisa disediakan,” ulasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Bangkalan Agus Zein menuturkan, penyediaan koneksi internet di OPD memang belum selesai. Sebab, proses pembuatan topologi jaringan juga baru kelar.

“Kami terkendala pembuatan topologi jaringan, karena itu nanti yang akan jadi acuan pemasangan,” ulasnya.

Pengadaan penyediaan jaringan sudah dilakukan dengan anggaran Rp1,3 miliar, dan sudah dipilih melalui elektronik digital, dengan penyedia yang sudah memiliki izin resmi. Sebab, prosesnya memang cukup berbeda dengan pengadaan lainnya.

“Kami sudah akan segera menandatangani kontrak, mungkin nanti sore sudah datang,” jelasnya.

Sedangkan beberapa kantor pelayanan yang bersifat penting sudah disediakan jaringan internet sementara. Seperti Dispendukcapil, Kantor Pemkab Bangkalan, dan MPP. Sehingga pelayanan tetap bisa berjalan.

“Kantor yang bersifat pelayanan penting sudah kami sediakan jaringan internet sementara, jadi tetap bisa bekerja maksimal,” pungkasnya. (km59/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *