oleh

Penyelenggaraan USP-EHBBKS Terkendala Jaringan

KABARMADURA.ID, SUMENEP– Ujian Satuan Pendidikan (USP) dan Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone (EHB-BKS) sebagai penentu kelulusan di SMA negeri dan swasta saat ini diselenggarakan sejak Senin (22/5/2021) hingga Senin( 29/3/2021). Dalam pelaksanaan ujian tersebut, jaringan menjadi salah satu kendala utama.

Senada hal itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Kalianget, Moh.Sadik, mengungkapkan bahwa pelaksanaan USP-EHBBKS sempat terkendala jaringan. Namun, saat ini sudah berjalan sesuai harapan. “Terkendalanya jaringan karena sempat ada server dan listrik yang rusak,” katanya, Selasa (23/3/2021)

Ujian tersebut merupakan pengganti dari Ujian Nasional (UN) yang masing-masing siswa dilakukan penilaian. Untuk ujian saat ini, penilaiannya diukur di masing-masing satuan pendidikan.”Penilaian hanya dijadikan standar masing-masing sekolah yang dinilai oleh Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Jawa Timur (Jatim) Wilayah Sumenep, Syamsul Arifin, mengatakan, penyelenggaraan USP-EHBBKS berdasarkan  Pasal 57- 89 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 tentang Evaluasi Pendidikan.

Tujuannya yaitu mengevaluasi dan memetakan mutu pendidikan di Jatim . Pelaksanaan saat ini berjalan sesuai harapan, meskipun di hari pertama sempat mengalami hambatan jaringan di salah satu SMAN di Sumenep. “Alhamdulillah hari ini berjalan sesuai harapan,” ujarnya.

Menurutnya, USP-EHBBKS sebagai penentu kelulusan di SMA negeri dan swasta di Jatim. Ada sebanyak 84 sekolah SMA swasta dan negeri yang melaksanakan ujian tersebut. Rincian SMA Negeri sebanyak 12 sekolah, SMA swasta ada 72 sekolah. “Ujian dilakukan secara tertulis dan bisa berbentuk praktik, penugasan dan portofolio yang diserahkan ke sekolah,” pungkasnya. (imd/maf)

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed