Penyerahan SPJ Lambat, Bakesbangpol Pamekasan Ditegur BPKP Surabaya

(KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) LELET: Bakesbangpol Pamekasan mendapatkan teguran dari BPKP Surabaya sebab belum menyerahkan SPJ dana banpol tahun 2021.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pamekasan mendapat teguran dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Surabaya. Penyebabnya adalah pertanggungjawaban dana bantuan politik (banpol) yang diberikan kepada 10 partai politik (parpol) terlambat.

Menurut Kepala Bakesbangpol Pamekasan Imam Rifadi, setiap pencairan dana banpol sudah ada penandatanganan pakta integritas masing-masing parpol. Salah satu muatannya tentang penyetoran laporan dana banpol tanggal 10 Februari tahun berikutnya (tahun 2022). Namun pada tahun 2022, penyetoran laporan dana banpol masing-masing parpol terlambat.

“Evaluasinya dari penyaluran banpol tahun 2021, SPJ-nya selalu lelet. Sehingga kami kewalahan setelah ditegur oleh BPKP,” paparnya.

Bacaan Lainnya

Di sisi lain, Imam mengakui bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pengurus parpol agar segera menyetorkan SPJ dana banpolnya.

Imam  sudah melakukan koordinasi kepada pengurus dari setiap partai untuk segera menyetorkan laporan dana banpolnya. Namun realisasinya, masih tidak memenuhi pakta integritas yang sudah komitmen di awal penerimaan dana banpol. Tercatat, saat ini sudah 10 parpol sudah menyelesaikan laporannya.

“Sebelum dicairkan ke 10 partai sudah saya sodori lembar pakta integritas, untuk menyerahkan SPJ tepat waktu,” ulasnya.

Ditegaskannya, untuk alokasi dana banpol tahun 2022 sudah disiapkan sebesar Rp1,1 miliar. Progres pencairannya masih belum bisa dilakukan. Sebab menurutnya, biasanya 10 parpol itu akan mengajukan pencairan Mei mendatang.

“Keterlambatan penyetoran itu tidak ada pengaruhnya. Cuma pihak pemeriksa terlambat juga melakukan pemeriksaan. Sebab mereka juga mempunyai target yang ditentukan untuk pemeriksaan dana banpol,” ulasnya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.