oleh

Penyuntikan 1.480 Vaksin Covid-19  Ditarget Pekan Ini

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Kabupaten Sampang mendapatkan bantuan vaksinasi Covid-19 sebanyak 4400 dosis. namun jumlah tersebut datangnya bertahap. Diperkirakan  pada (26/01) dini hari, sekitar pukul 02.25 WIB terdapat 1.480 vaksin Covid-19 tiba di Kabupaten Sampang.

Vaksin tersebut dikirim pemerintah provinsi menuju Sampang dengan pengawalan yang ketat. Adapun untuk realisasinya diperkirakan pekan ini, dan sasaran utamanya yaitu semua tenaga kesehatan (nakes).

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang, Agus Mulyadi mengatakan bahwa vaksin Covid-19 sudah diserahterimakan Pemprov Jawa Timur kepada Pemkab Sampang. Dan saat ini sudah berada di gudang farmasi dengan penjagaan cukup ketat.

Lebih lanjut, ia membeberkan vaksin tersebut awalnya akan datang pada Kamis (28/1) mendatang, cuma karena ada perubahan jadwal, maka segera didistribusikan. Adapun jumlah vaksin tidak sampai separuh dari kuota sebelumnya, karena datangnya bertahap. Sementara vaksin yang sudah tiba di Sampang hanya 1.480 dosis.

“Penyuntikan vaksin mulai  Kamis ini sampai 14 hari ke depan, akan kami lakukan,” katanya, Selasa (26/1/2021).

Selain itu ia menjelaskan, sasaran utama  vaksinasi yaitu kepada nakes se-Kabupaten Sampang. Kemudian, kepada 10 pimpinan di Sampang.

Sayangnya, saat dikalkulasi, jumlah nakes dengan jumlah vaksin  tidak sebanding. Karena jumlah nakes mencapai 2.116, sedangkan vaksin hanya 1.480 dosis, ditambahkan dengan 10 pejabat.

“Sasaran utamanya para nakes, dan 10 pejabat. Sisanya yang tidak kebagian, nunggu tahap berikutnya,” imbuhnya.

Kendati demikian, untuk teknis realisasinya, penyuntikkan akan dilakukan di masing-masing puskesmas. Adapun jumlah puskesmas  dari 14 kecamatan ada 22.

Sebelumnya, untuk mendapatkan vaksin tersebut ada pesan informasi dari pemerintah pusat. Jadi yang akan divaksin sudah mengetahui terlebih dahulu.

“Penyuntikannya nanti di puskesmas, dan sebelum divaksin ada informasi lewat pesan dari pemerintah pusat,” pungkasnya. (mal/km58).

Komentar

News Feed