Perbaiki 61 RTLH, Pemkab Pamekasan Siapkan Anggaran Rp1 Miliar Lebih

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) Bantuan:  Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pamekasan  gelontorkan anggaran Rp1 miliar lebih untuk program RTLH. 

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan terus berupaya menyejahterakan warganya. Salah satunya dengan melakukan perbaikan terhadap rumah yang sudah tidak layak di tempati.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pamekasan Muharram, melalui Kabid Kelola dan Tata Bangunan DPKP Didiek Ruswandi menegaskan, saat ini pihaknya akan memperbaiki Rumah Tak Layak Huni (RTLH) sebanyak 61 unit. Anggarannya diambilkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Bacaan Lainnya

Perbaikan peningkatan RTLH dianggarkan sebesar Rp1 miliar lebih. Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk perbaikan peningkatan 61 unit RTLH yang ada di Kabupaten Pamekasan.

“Anggaran tersebut langsung melalui pemerintah pusat. Jadi, kami tidak bisa dengan sendiri memutuskan berapa unit rumah yang akan diperbaiki,” terangnya, Rabu (21/4/2021).

Untuk progres perbaikan RTLH, tambahnya, sudah mencapai 5 persen. Lambatnya progres perbaikan tersebut, karena pihaknya masih menunggu refocusing anggaran yang sampai saat ini belum selesai.

Pihaknya masih khawatir jika kegiatan tersebut dilakukan sebelum adanya finalisasi refocusing anggaran dana yang sudah disediakan terkena kepras.

“Kegiatan ini kan stimulan. Artinya, sebelum menerima bantuan, masyarakat harus mempersiapkan dulu. Karena proses penyiapan masyarakat lah yang masuk progres kegiatan kami,” tambahnya.

Sebelum melakukan perbaikan RTLH, pihaknya lebih dahulu melakukan tahapan-tahapan pemberdayaan. Yakni, memverifikasi terlebih dahulu data calon penerima program RTLH tersebut.

“Jadi, 61 unit rumah ini kami verifikasi dulu. Setelah itu, kami lanjutkan ke tahapan berikutnya. Yakni, melakukan pendampingan terhadap calon penerima program,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Pamekasan Ismail mengatakan, RTLH merupakan program yang dikhususkan untuk memperbaiki RTLH yang ada di Bumi Gerbang Salam. Pihaknya meminta dalam melakukan verifikasi data terhadap calon penerima RTLH, petugas benar-benar mengimput data rumah masyarakat yang memang sangat membutuhkan perbaikan.

“Jangan sampai nanti pemanfaatan program RTLH ini salah sasaran. Apalagi ini memang program unggulan dari Pak Bupati dalam memperdayakan masyarakatnya,” tegasnya.

Reporter: Zubaidi

Redaktur: Anam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *