Perbaiki Pendataan, Bupati Sampang Minta Semua Warga Miskin Dapat Bantuan Pemerintah

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOKUMEN) BANTUAN: Bupati Sampang H. Selamet Junaidi memastikan semua masyarakat miskin harus menerima bantuan pemerintah

Kabarmadura.id/Sampang-Bupati Sampang H. Selamet Junaidi menyayangkan banyaknya bantuan sosial yang tidak tepat sasaran. Orang yang seharusnya mendapatkan bantuan malah tidak dapat. Hal itu diketahui setelah pihaknya turun langsung ke lapangan dalam kegiatan Safari Ramadan 1441 H.

“Setelah kami cek langsung ke bawah, ternyata banyak dari mereka yang tidak mendapatkan atau tersentuh bantuan apapun dari pemerintah. Ini tidak boleh dibiarkan, di antaranya warga kecamatan Camplong, Kedungdung, dan Ketapang,” ungkapnya, Kamis (7/5/2020).

Bacaan Lainnya

Saat disinggung tentang kendala yang terjadi sehingga tidak mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah, pihaknya mengaku karena tidak mempunyai identitas diri. Sehingga masyarakat yang hendak mengajukan untuk dapat bantuan tidak bisa didata.

Untuk itu, ke depan pihaknya memastikan untuk masyarakat yang miskin atau layak menerima bantuan dari pemerintah dipastikan akan terdata menerima bantuan semua.

Namun pihak kecamatan dan kepala desa harus bersinergi dengan dinas terkait, yakni DPMD, Dinsos, Dispendukcapil, agar saat ada kendala seperti ini cepat tertasi, sehingga masyarakat bisa menerima bantuan pemerintah.

“Tadi saya sempat tanya kepada pihak desa, apakah sudah diusulkan? Mereka jawab, akan segera diusulkan. Ini kan lagu lama kaset baru,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala bidang (Kabid) Penanganan Fakir Miskin dan Penanganan Sosial Dinsos Sampang M. Nashrun mengatakan, pemerintah tidak bisa menyalurkan bantuan tersebut jika tidak ada pengajuan dari kepala desa (kades). Sebab, pihak desa yang melakukan pendataan. Untuk itu, kepala desa perlu mengajukan data yang itu merupakan hasil musyawarah desa (musdes), agar bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran.

“Kami menyalurkan bantuan itu berdasarkan data yang diajukan oleh desa. Jadi untuk yang tidak menerima, saya tidak tahu, mungkin tidak diajukan,” tuturnya.

Selain itu, ia sepakat dengan komitmen bupati Sampang, agar semua masyarakat miskin di Sampang ini masuk ke data miskin, dan nanti bisa menerima bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

“Masyarakat miskin harus terdata, agar nanti saat ada bantuan dari pemerintah tepat sasaran,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, anggota DPRD Kabupaten Sampang Alan Kaisan mengatakan, jika sudah ketahuan seperti ini seharusnya kepala desa dan pihak kecamatan tersebut merasa malu, sebab tidak maksimal untuk melakukan pendataan.

Selain itu, ia meminta kepada seluruh kepala desa dan camat se-Kabupaten Sampang untuk aktif dalam mendata masyarakat di bawah yang tidak tersentuh bantuan pemerintah.

“Harusnya kades dan camat malu ketika bupati turun langsung ke bawah. Selama ini ke mana kades sama camatnya?” pungkasnya. (mal/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *