Biasa Bemain Senapan Angin Bisa Jadi Anggota Perbakin Bangkalan  

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ISTIMEWA) SEMANGAT: Pengurus Perbakin Bangkalan sedang dilantik.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Organisasi Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) menjadi salah satu wadah bagi penggemar olahraga menembak di Indonesia. Semula organisasi tersebut merupakan perkumpulan  berburu yang menggunakan senjata api.

Organisasi tersebut merata terdapat ada di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota masing-masingnya memiliki anggota klub. Salah satu contohnya yaitu Perbakin Bangkalan yang diketuai oleh Joko Supriyono.

Sebagai induk organisasi olahraga menembak di Bangkalan, Perbakin Bangkalan yang menitikberatkan pada upaya agar olahraga menembak tidak eksklusif. Tetapi bisa bersifat massal dan terorganisir, dan juga mampu melahirkan atlet yang bisa bersaing di kancah nasional.

“Daftar dulu saja tidak apa-apa, artinya yang penting orang tersebut paling tidak punya basic menembak di rumah, meski hanya bisa menembak kelelawar pakai senjata angin. Terserah bisa menembak pakai senjata apa, bisa mendaftar,” ungkapnya saat ditemui di halaman Inspektorat Bangkalan.

Ia menambahkan, Perbakin Bangkalan sudah memiliki puluhan anggota dari berbagai macam usia. Ia juga tidak mengkhususkan anggota harus mahir menggunakan senjata api tertentu. Sebab, klub yang ikut di organisasinya juga bermain senjata api mulai softgun hingga jenis senapan angin. Kini, di organisasinya tersebut sudah membentuk 30 struktur kepengurusan.

Pria asal Jawa Tengah tersebut berharap, selain menjaring atlet, senjata api yang beredar di masyarakat bisa terpantau olehnya. “Menyelam sambil minum air, atletnya tercover kemudian pendataan pemilik senapan juga kena,” ucap Joko.

Ia mengaku tidak memberikan persyaratan khusus harus jenis senjata yang digunakan. Jadi, menurutnya siapa saja boleh ikut jika ingin melatih keterampilan. (ina/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *