oleh

Perbup Pilkades Serentak di Pamekasan Masuk Tahap Pembahasan

KBARMADURA.ID, PAMEKASAN -Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Pamekasan hingga kini belum ditentukan waktunya. Pesta rakyat yang menyasar 74 desa yang tersebar di 13 kecamatan di Pamekasan, masih belum tertera jelas untuk jadwal pelaksanaannya. Sebab, masih menunggu selesainya peraturan bupati (perbup), sehingga butuh proses untuk diputuskannya pilkades serentak tahun 2021.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan Fendi Hermawan menegaskan, kepastian pelaksanaan dari pilkades serentak yang sudah menjadi agenda rutin 5 tahunan dari setiap desa, belum bisa diputuskan. Sebab, sandaran legalitas hukum formalnya masih belum tuntas.

“Tapi sudah masuk tahap pembahasan-pembahasan. Finalnya, nanti segera kami informasikan,” ungkapnya, Selasa (30/2/2021).

Wawan juga menjelaskan, secara teknis detail pelaksanaannya juga masih dibahas sesuai dengan aturan di atasnya. Berbagai kemungkinan yang rentan terjadi permasalahan pada pengalaman terdahulu, akan diminimalisasi.

“Tahapannya saat ini masih pembahasan regulasinya, sehingga nantinya bisa berupa perbup,” ulasnya.

Pihaknya pun tidak berani memberikan keputusan terhadap target selesainya perbup pilkades serentak. Sebab, masih akan dilakukan berbagai evaluasi untuk diberi masukan, demi kekomplitan rujukan pelaksanaannya. (rul/nam)

 

Komentar

News Feed