oleh

Percepat Pemulihan Ekonomi, Pekerja Bakal Disubsidi Rp600 Ribu

Kabarmadura.id/Sampang-Pemerintah berencana memberikan bantuan subsidi kepada pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta, yang bertujuan untuk memulihkan perekonomian nasional.

Adapun pekerja yang berhak mendapatkan bantuan itu harus terdaftar di BPJS, sehingga selama empat bulan pekerja itu mendapatkan bantuan dalam satu bulan mendapatkan Rp600 ribu.

Berkaitan dengan program itu, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Sampang meminta kepada perusahaan di Kota Bahari untuk menyetorkan data pekerjanya secepat mungkin. Sebab deadline penyetoran buku rekening tanggal 13 Agustus.

Kasi Hubungan Perindustrian Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Sampang Heru Suhendra menuturkan, untuk mempercepat pemulihan perekonomian di Indonesia, pemerintah sedang memfinalisasi skema dan kriteria bantuan subsidi gaji untuk pekerja penerima upah dengan status aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Program itu untuk memulihkan perekonomian di Indonesia. Tetapi pekerja yang berhak mendapatkan itu harus punya gaji dibawah Rp5 juta,” ungkapnya, Senin (10/8/2020).

Untuk itu, ia mengimbau pemilik perusahaan untuk segera mendata karyawan yang tercover BPJS ketenagakerjaan. Adapun deadline penyetoran buku rekening tanggal 13 Agustus.

“Saya harap pemilik perusahaan segera melakukan pendataan ke pekerja yang terdaftar di BPJS dan peserta aktif Penerima Upah (PU) bukan PNS/Pegawai BUMN,” imbuhnya.

Adapun data jumlah pekerja di Sampang tercatat sebanyak 2.269 jiwa. Namun, pekerja yang sudah tercover dan didaftarkan sebagai peserta BPJS oleh perusahaan hanya 1.610 jiwa. Sedangkan sebanyak 659 pekerja belum memiliki jaminan kesehatan.

“Jumlah perusahaan di wilayah Kota Bahari sekitar 271. Namun, selama wabah Covid-19 terdapat sebanyak 246 jiwa pekerja yang dirumahkan,” ungkapnya. (mal/pai)

 

Komentar

News Feed