oleh

Perekaman e-KTP di Pamekasan Tinggal 1,6 Persen

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pamekasan Ach. Faisol, melalui Kepala Seksi (Kasi) Sistem Informasi Administrasi Kependudukan M. Alfin mengatakan, sebanyak 599.418 penduduk telah melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Jumlah penduduk yang wajib ber-KTP di Kabupaten Pamekasan sebanyak 608.517 orang. Hal tersebut terhitung untuk tahun 2020.

“Jadi, secara persentase, terdapat 98,4 persen penduduk Pamekasan sudah melakukan perekaman e-KTP. Dengan kata lain, tinggal 1,6 persen penduduk untuk mencapai 100 persen yang ber-KTP,” terang M. Alfin, Senin (3/5/2021).

Data tersebut, tambahnya, merupakan data per semester II untuk tahun 2020, dijadikan acuan perekaman e-KTP tahun 2021.

Menurutnya, selama proses perekaman e-KTP, Dispendukcapil Pamekasan tidak menemui kendala yang cukup signifikan, hanya ada beberapa desa yang terhambat jaringan.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, wajib e-KTP penduduk mencakup yang sudah berumur 17 tahun ke atas. Termasuk masyarakat yang sudah menikah, meski umurnya masih di bawah 17 tahun.

“Itu mengacu pada perundang-undangan ketika yang bersangkutan telah menikah, sudah menentukan pilihan hidupnya, bertanggung jawab secara hukum terhadap semua tindakannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Imam Husairi, meminta kepada dinas terkait untuk menjemput bola. Supaya masyarakat yang ada di desa terpencil juga terlayani proses perekaman e-KTP.

“Di desa-desa ini kan masih banyak masyarakat yang belum mempunyai e-KTP. Terutama, warga yang sudah lanjut usia (lansia). Tidak mungkin mereka datang ke Dispendukcapil untuk rekam e-KTP,” tegasnya.

Reporter: Zubaidi

Redaktur: Anam

Komentar

News Feed