Perekonomian Masyarakat Menurun, DPMD Sampang Kehabisan Solusi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) STAGNAN: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang belum mempunyai terobosan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Perekonomian masyarakat di 180 desa yang tersebar di 14 kecamatan Kabupaten Sampang, mengalami penurunan cukup drastis. Bahkan, bantuan sosial (bansos) untuk menopang ekonomi masyarakat, seperti bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) dan lainnya tidak mempunyai efek yang signifikan untuk peningkatan ekonomi.

Indikasinya, dampak sebaran Covid-19 yang mengakibatkan seluruh kegiatan serba terbatas. Selain itu, tidak ada upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat terkecuali hanya pasrah dengan kondisi. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Perekonomian dan Teknologi Tepat Guna (TTG) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang Taufiqurrahman, Kamis (15/7/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, beberapa kebijakan terkait kondisi Covid-19 saat ini cukup mengangkang perekonomian. Terlebih, bagi masyarakat dengan ekonomi lemah. Sehingga, beberapa bantuan yang diberikan kepada masyarakat hanya untuk kebutuhan sehari-hari. “Terus terang saja, adanya Covid-19 tahun ini kondisi ekonomi sangat terpukul,” ujarnya.

Pihaknya mengaku, tidak bisa berbuat banyak menyikapi kondisi ekonomi masyarakat. Sebab, untuk bertindak, anggaran di organisasi perangkat daerah (OPD) dipotong untuk penanganan Covid-19. Pemotongan tersebut, juga berpengaruh besar pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang tidak berkembang akibat tidak adanya penyertaan modal.

Hal itu terjadi, lantaran banyak dana desa (DD) yang dipotong untuk penanganan Covid-19. Disinggung mengenai presentasi penurunan ekonomi, pihaknya tidak bisa mengurakan. Hanya saja, secara umum mengalami penurunan yang cukup signifikan tanpa adanya solusi. ”jadi masih stagnan. Artinya tidak ada terobosan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, karena semua kegiatan dibatasi dan kendalanya anggaran,” tuturnya. (mal/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *