Perhatikan Difabel, Disdikbud Pamekasan Kembangkan Sekolah Inklusi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) TERBUKA UNTUK DIFABEL: Disdikbud Pamekasan melaksanakan bimtek sekolah inklusi tingkat sekolah dasar (SD) untuk memberikan ruang belajar lebih luas bagi penyandang disabilitas.

KABARMADURA.ID;PAMEKASAN-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pengembangan pendidikan inklusi sekolah dasar (SD). Kegiatan tersebut dalam rangka memberikan kesempatan belajar lebih luas kepada penyandang disabilitas atau difabel  di sekolah reguler, Selasa (5/10/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan itu dibuka langsung oleh Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini, dengan menghadirkan perwakilan kepala sekolah dan guru dari setiap kecamatan.

Menurut Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Dasar Fatimatus Zahra, adanya bimtek tersebut untuk mempersiapkan  pendidikan inklusi pada tingkat SD, yang diawali dengan penyiapan sumber daya manusia (SDM)-Nya.

“Bimtek ini memberikan pemahaman kepada kepala sekolah dan guru tentang pendidikan inklusi, dengan harapan sekolah inklusi bisa diterapkan di setiap sekolah,” paparnya,  usai memberikan pengarahan di depan peserta bimtek.

Ia juga menuturkan, bahwa di Pamekasan sudah mencanangkan menjadi sekolah inklusi pada tahun 2021 secara bertahap. Sedangkan yang menjadi sekolah inklusi di Pamekasan sebanyak 21 sekolah. Menurutnya, ada kemungkinan akan terus ditingkatkan. Ia juga menargetkan, setiap kecamatan minimal ada satu sekolah inklusi.

“Sekolah inklusi ini memberikan ruang kepada anak-anak berkebutuhan khusus untuk menikmati pendidikan di sekolah reguler. Sehingga ada perasaan sama dengan mereka yang normal,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam menerapkan sekolah inklusi, membutuhkan cara-cara khusus yang bisa merangsang minat belajar para penyandang disabilitas. Sehingga, mereka bisa dengan mudah menerima pelajaran yang diberikan. 

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *