Peringatan HAM Internasional, Momentum Saling Menghargai Antarindividu

  • Whatsapp
(FOTO: KM/dok) RIAPEK: Semuanya harus merenung di Hari HAM Internasional.

KABARMADURA.ID – Tanggal 10 Desember selalu diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional. Hal itu berawal dari  deklarasi universal HAM yang diadopsi oleh 56 anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kiper Madura United M. Ridwan menilai Hari HAM Internasional, sejatinya momentum untuk merenung agar saling menghargai satu sama lain.

Bacaan Lainnya

Mantan kiper Persib Bandung ini mencontohkan, setiap individu memilikii hak dan kebebasan untuk menjatuhkan pilihan di momentum pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 ini.

Ketika orang lain memiliki pandangan politik berbeda, Ridwan meminta setiap orang untuk tidak mengintervensi atau memaksa orang lainnya agar memilih pasangan calon (paslon) yang sama dengan orang tersebut..

“Ini sebenarnya menjadi momentum yang tepat untuk merenung, apakah kita sudah menghargai hak orang lain atau tidak. Kadang, kita terlalu memaksa orang lain atau menggangu hak orang lain tanpa disadari,” tuturnya kepada Kabar Madura, Rabu (9/12/2020).

Senada dengan Ridwan, Dodi Aleksvan Djin juga meminta semua masyarakat untuk merenung di Hari HAM Internasional; tentunya agar kita tidak menggangu hak orang lain.

Aleks mencontohkan, perokok di dekat bayi. Menurutnya, itu bisa merusak hak bayi tersebut untuk menghirup udara segar tanpa asap rokok.

“Jika yang sederhana saja sudah peduli, saya yakin hak-hak orang lain yang besar juga akan diperhatikan. Mulai saja dari hal-hal yang sederhana, agar nantinya tidak menggangu hak orang lain,” pungkasnya. (idy/KM58)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *