Peringati Hardiknas 2021, PGRI Pamekasan Bersinergi dengan Pemkab

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) KOMITMEN: Ketua PGRI Pamekasan Jamil berjanji akan meningkatkan kualitas pendidikan di Pamekasan.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pamekasan menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 di Mandhepah Agung Ronggosukowati, Kamis (27/5/2021).

Kegiatan yang dikemas dengan halal bihalal tersebut sebagai perwujudan sinergi Pengurus PGRI Pamekasan dengan Pemkab. Sementara itu, tema yang diusung mengenai sejarah dan kebudayaan Pamekasan.

Bacaan Lainnya

Menurut Ketua PGRI Pamekasan Jamil, pendidikan di sebuah wilayah bergantung pada kualitas pendidiknya.

“Jadi kami memberikan pemahaman lebih khusus untuk sejarah Pamekasan dengan segala budayanya, karena harus diperkenalkan sejak dini,” paparnya, Kamis (27/5/2021).

Uniknya, lomba yang diadakan PGRI Pamekasan tersebut menggunakan Bahasa Madura, dengan jenis lomba, untuk tingkat Sekolah dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) lomba bercerita dalam Bahasa Madura engghi bhunten, dengan spesifikasi untuk SD menceritakan legenda Pamekasan.

Sementara itu, untuk tingkat SMP lomba bercerita tentang sejarah Pamekasan, dan tingkat SMA lomba bercerita tentang budaya Pamekasan, yang dilaksanakan secara virtual. Adapun untuk lomba di tingkat guru yaitu lomba esai dengan tema Peranan PGRI dalam Pendidikan.

“Pelestarian budaya Bahasa Madura ini benar-benar tetap langgeng,” tegasnya.

Kepala SMPN I Pamekasan itu berharap PGRI terus menjadi bagian penting alat perjuangan dari para guru. Selain itu, ia berharap guru PGRI mampu melahirkan generasi bangsa yang hebat.

“Setidaknya anak-anak di Pamekasan sudah tahu dengan budaya sendiri, jangan sampai lupa tentang bahasa lokalnya, budayanya, dan juga sejarahnya,” pungkasnya. (rul/maf/*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *