oleh

Peringati Hardiknas, Wakil Bupati Sumenep Ajak Majukan Pendidikan

Kabarmadura.id/SUMENEP-Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei mengungkapkan bahwa pendidikan di Kota Sumekar harus semakin maju dan mampu berdealiktika dengan zaman, apalagi sekarang sudah memasuku era industri 4.0.

Di sisi lain, Fauzi menjelaskan bahwa yang harus dikembangkan di Sumenep adalah pendidikan yang berbasis karakter dan berbudaya.

“Dalam perspektif pendidikan, pembangunan sumber daya manusia atau SDM menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja,” ungkap politisi PDI Perjuangan tersebut di depan para hadirin saat memperingati hari pendidikan nasional di halaman kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Kamis (2/5)

Lebih lanjut, Fauzi menambahkan bahwa pendidikan karakter yang dimaksud adalah insan yang berakhlak mulia, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur. sementara ikhtiar membekali keterampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan supaya para anak didik nantinya memiliki daya saing yang tinggi.

Cepatnya arus informasi mempengarui gaya belajar dan cara berpikir para peserta didik, sehingga dibutuhkan kerja sama yang solid antara tiga pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat.

“Kita juga tidak menutup mata terhadap berbagai keterbatasan yang masih ada dalam proses pembangunan pendidikan seperti kompleksitas masalah guru dan tenaga kependidikan. Kita juga masih sering menjumpai kasus-kasus yang tidak mencerminkan kemajuan pendidikan. Pemerintah senantiasa responsif memecahkan masalah-masalah tersebut selaras dengan paradigma pendidikan,” tambahnya.

Terakhir, politisi muda tersebut mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi mungkin terhadap pihak-pihak yang membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Sumenep, baik para guru dari semua jenjang, tokoh masyarakat, pegiat literasi, insan pers, dan kontributor pendidikan lainnya. (mad/rei)

Komentar

News Feed