Peringati Hari Jadi Pamekasan ke-491, Disporapar Gelar “Eksotika Kemilau Madura”

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) REFLEKSI: Bupati Pamekasan bersama jajaran forkopimda foto bersama sesaat setelah upacara peringatan hari jadi Pamekasan ke-491 di Halaman Kantor Bupati Pamekasan

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan dalam hal ini Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi Pamekasan ke-491 di Halaman Kantor Bupati Pamekasan, Senin (22/11/2021). Upacara itu diikuti seluruh pimpinan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Pamekasan dari unsur eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Pelaksana tugas (Plt) Disporapar Masrukin mengatakan, hari jadi Pamekasan jatuh pada tanggal 3 November. Karena Pamekasan menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an Jawa Timur (MTQ Jatim) ke-29, peringatan hari jadi terpaksa ditunda beberapa hari. Namun, sidang paripurna hari jadi Pamekasan tetap dilaksanakan pada tanggal 3 November lalu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Bacaan Lainnya

“Seharusnya upacara peringatan ini dilaksanakan tanggal 3 November, sebelum sidang paripurna. Tapi seluruh rangkaian hari jadi tetap dilaksanakan di bulan November. Karena bulan November ini ruhnya,” terang Masrukin.

Selain upacara, salah satu rangkaian kegiatan peringatan hari jadi yaitu Haul Ronggosukowati bersama Menteri Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia di Pendopo Ronggosukowati pada Senin (22/11/2021) malam. Tidak hanya itu, pada Jumat (26/11/2021) nanti, pihaknya akan menggelar bazar kuliner gratis di eks rumah sakit umum daerah (RSUD).

Keesokan harinya, tepat pada Sabtu (27/11/2021) merupakan acara puncak yang dikemas dengan acara Eksotika Kemilau Madura. Acara puncak itu akan digelar di lapangan Pendopo Ronggosukowati. Seluruh bupati di Madura, mantan bupati dan mantan wakil bupati Pamekasan juga turut diundang di acara tersebut.

“Di sela-sela itu ada rangkaian pekan budaya Madura. Jadi di kantor-kantor itu diberi edaran untuk menggunakan batik tulis khas Pamekasan. Mulai hari ini sampai Jumat,” ucap Sekretaris DPRD Pamekasan itu.

Pada acara puncak di malam Eksotika Kemilau Madura akan dimeriahkan oleh beberapa penampilan budaya Pamekasan. Antara lain; pagelaran Sapi Sonok. Masrukin menyebutkan, Sapi Sonok merupakan salah satu budaya Pamekasan. Selain itu, juga akan dimeriahkan oleh parade batik dan sejumlah hiburan seni bernuansa khas Pamekasan.

“Temanya Desa Makmur Pamekasan Hebat. Jadi sesuai harapan Pak Bupati, membangun dari desa lewat program prioritas,” ujar Masrukin.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, hari jadi Pamekasan sebagai momen merefleksikan perjuangan Ronggosukowati dan para pemimpin pendahulu di Pamekasan. Dia mendoakan seluruh mantan bupati diberikan kesehatan dan tetap diberikan kesempatan mengabdi untuk Pamekasan.

“Hari jadi ke-491 ini menumbuhkan kembali komitmen mendorong pelayanan yang lebih bagus. Mendorong target RPJMD segera tercapai,” ujar pria yang akrab dipanggil Mas Tamam itu.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *