Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Wabup Ajak Masyarakat Jaga NKRI dan Pancasila

  • Bagikan

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan mengelar upacara bendera, Selasa (01/10). Upacara mengenang jasa para pahlawan revolusi itu dipusatkan di lapangan Nagara Bhakti depan Mandhepah Agung Ronggosukowati, Pamekasan.

Upacara itu dipimpin Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e, dan bertindak sebagai komandan upacara Kapten Inf Haryanto Danramil Proppo. Untuk peserta upacara diikuti dari unsur TNI/Polri, Pelajar, Mahasiswa dan aparat sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Hadir dalam acara tersebut jajaran Forkopimda, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD serta pejabat di lingkungan Pemkab Pamekasan.
Dalam upacara itu, Wakil Bupati Pamekasan Raja’e selaku pemimpin upacara membacakan Teks Pancasila dilanjutkan pembacaan UUD 1945 oleh salah satu ASN pemkab setempat.

Sedangkan pembacaan ikrar kesetiaan kepada Pancasila sebagai ideologi negara dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan. Adapun tema yang diusung dalam Hari Kesaktian Pancasila tahun ini yakni, “Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”.

Usai upacara, Wakil Bupati Pamekasan mengatakan, Pancasila merupakan satu-satunya dasar dan harus menjadi satu kesatuan bagi setiap bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu setiap tahun kita selalu memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan tujuan sesungguhnya untuk lebih mengenang jasa-jasa pahlawan kita. Negara kita tegak dan berdiri sampai hari ini karena kita tetap menjaga Pancasila sebagai dasar negara yang melingkupi seluruh komponen bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

Lebih lanjut wabup berharap kepada generasi muda sebagai penerus bangsa agar hendaknya mengisi bangsa ini dengan hal-hal yang positif.

“Sekalipun hidup dalam modernitas, tapi jangan sampai kita lalai dan lupa terhadap perjuangan-perjuangan pahlawan kita dengan tetap menjaga NKRI dan Pancasila sebagai satu-satunya dasar negara,” pungkasnya. (rul/pai)

Baca juga  170 Pelaku UKM Perikanan di Pamekasan Luput dari JPS
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan