oleh

Perjalanan Eny Susanti, Wakil Ketua STIKES Ngudia Husada Meraih Gelar Doktor di Universitas Airlangga

Kabarmadura.id /Bangkalan-gelar Doktor mudah. Butuh kerja keras dan konsistensi untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu. Wny Susanti, wakil ketua 2 STIKES Ngudia Husada Bangkalan berhasil melewatinya dengan baik. Ia bahkan mampu menyelesaikan studi doktoralnya dalam 2 tahun 7 bulan dengan predikat pujian (cumlaude).

MOH SAED, KOTA

Eny dilahirkan di Bangkalan, 7 mei 1983. Pendidikan dasarnya diperoleh di SDN 1 Martajasah. Enam tahun lamanya sekolah, ia kemudian melanjutkan ke SMPN 5 Bangkalan. Bangku SMA-nya ia habiskan di SMA Negeri 2 Bangkalan pada tahun 1999.
Mencari ilmu tidak pernah membuatnya bosan. Selepas SMA, ia melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni melanjutkan D3 Akbid Sutomo Surabaya . Selanjutnya ia kuliah D4 Kebidanan STIKES Unggul Surabaya. Setelah itu melanjutkan lagi ke Unversitas Padjadjaran untuk gelar magister kebidanan .

Pada tahun 2017, ia melanjutkan S3 studi lanjut (doktor di Universitas Airlangga Fakultas Airlangga). Di usia mudanya dengan kesehariannya menjadi dosen dan wakil ketua 2 di STIKES Ngudia Husada Madura telah menyelesaikan pendidikan doktor. Dalam hal ini, ia menemukan temuan baru yakni mekanisme gangguan folikulogenesis akibat paparan asap rokok(perokok pasiv).Folikulogenesis adalah salah satu proses pembentukan folikel di ovarium(organ reproduksi wanita).

Dalam disertasinya, ia menemukan, ternyata paparan asap rokok (perokok pasiv) mempengaruhi kesuburan wanita (ovulasi melalui folikulogenesis). Penelitian dilakukan pada hewan coba yang dipapar asap rokok. Saran yang direkomendasikan dari hasil penelitian tersebut adalah dianjurkan kepada semua perokok untuk tidak merokok dan jika merokok tidak di dalam rumah atau anggota keluarga. Asap rokok di dalam ruangan bisa dinetralisir kurang lebih dalam waktu seminggu, karena asap rokok masih menempel di tembok ataupun pada pakaian.
Hasil penelitian tersebut sejalan dengan program pemerintah dalam menyukseskan 12 indikator keluarga sehat yang salah satunya adalah tidak ada anggota keluarga yang merokok. Tujuan serta manfaat penelitian tersebut untuk mencegah infertilitas serta kehamilan berjalan dengan normal sehingga perlu disiapkan sebelum hamil dengan baik.(km50/pai)

Komentar

News Feed