Perjalanan Karir Sepak Bola Rendika Rama Sebelum Berkostum Madura United

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HENDRA WCP) MALU: Rendika Rama merasa belum memberikan apa-apa untuk Madura United.

KABARMADURA.ID – Salah satu pemain Madura United, Andik Rendika Rama tidak serta merta menjadi pemain profesional. Sebelumnya, ia telah berlatih sejak dini. Terbukti, sejak kelas 5 sekolah dasar (SD), ia sudah menimba ilmu di Sekolah Sepak Bola (SSB) Mitra Surabaya.

Sejak usia muda, Andik Rendika Rama terbiasa merantau untuk menyambung hidup sebagai pemain sepak bola. Bahkan, dia sempat frustasi karena belum bisa menjadi pemain bola profesional.

Bacaan Lainnya

Namun, berkat kerja keras dan konsistensinya, ia dipercaya untuk masuk Tim Muda Persebaya Surabaya sebagai bek kiri.

Pada tahun 2012, di usianya yang ke-19 tahun,  ia pindah ke Deltras Sidoarjo. Klub tersebut menjadi dia menjalani debut pertamanya sebagai pemain bola profesional.

Selama dua tahun membela klub berjuluk The Lobsters tersebut, ia mulai dikenal luas sebagai pemain muda potensial di Indonesia.

Pada 2015, pemain kelahiran kelahiran Gresik, 16 Maret  1993 tersebut pindah ke Persela Lamongan. Namun sayang, karirnya bersama Laskar Joko Tingkir tidak bertahan lama sebab persepakbolaan nasional kisruh.

Setelah itu, ia merumput bersama Persija Jakarta pada ajang Indonesia Soccer Championship A 2016 atau turnamen pengisi kekosongan liga. Di klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut ia tidak bertahan lama karena tersisih oleh pemain muda Timnas Indonesia yaitu Rezaldi Hehanusa.

Menjelang Liga 1 2017, ia bergabung bersama Madura United. Di klub tersebut, ia berposisi sebagai bek kiri. Sudah sekitar empat tahunan ia membela klub berjuluk Laskar Sapeh Kerrab tersebut.

“Segalanya di sini dikasih kepada kami, namun kami belum mampu memberikan apa-apa, kami sebenarnya merasa malu, Mas. Namun kami akan terus bekerja keras buat klub yang kami cintai ini,” ujarnya, Rabu (7/4/2014).

Ia membela Madura United sampai sekarang. Dan berkat penampilan gemilangnya selama membela klub tersebut, ia dipanggil pelatih Timnas U23 Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas U23. (km61/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *