oleh

Perjuangan CHK Karyadinata Membangun Tiga Komunitas

HELMI YAHYA, Bangkalan

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Pengabdian komunitas “Yakin Bisa” sudah bisa dirasakan keberhasilannya. Komunitas yang bergerak di bidang pendidikan, peternakan dan usaha mikro tersebut sudah mendapatkan beberapa kali kesuksesan.

Komunitas itu dibentuk dari keinginan masyarakat untuk mengelola peternakan secara mandiri. Selai membangun pikiran pemuda bahwa Madura memiliki kekayaan di bidang peternakan. Potensi tersebut sudah semestinya dikembangkan oleh kalangan milenial.

Salah satu yang mendasari pembentukan Yakin Bisa adalah keinginan dari inisiator yang menginginkan perkembangan di bidang peternakan, pendidikan dan usaha mikro. Ada beberapa peluang besar di Madura  yang belum diasah. Sehingga Yakin Bisa menjadi “Yakin Bisa Farm”, “Yakin Bisa Bimbel”, dan “Yakin Bisa Aqiqah”.

Salah satu yang mendasari lahirnya Yakin Bisa Farm, inisiator merasa bahwa cara beternak di Madura, khususnya Bangkalan masih menggunakan cara lama. Sehingga masih identik dengan hal yang  kotor dan bau. Padahal, jika menggunakan cara modern beternak tidak harus bau dan kotor. ”Saya sebagai sosok yang sedikit lebih paham merasa terdorong untuk mengembangkan potensi peternakan yang belum tersentuh,” Jelas C Henry Kurniawan Kayadinata selaku inisiator Yakin Bisa.

Selain dibidang peternakan, Yakin Bisa juga merintis komunitas di bidang pendidikan yaitu Yakin Bisa Bimbel; dibentuk dengan tujuan membantu masyarakat dan para pelajar yang kurang mampu secara ekonomi., sehingga tidak bisa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, tetapi minat dan keinginannya besar. ”Saya membuka bimbel untuk mereka yang ingin bekerja dan masuk PNS, atau bahkan Akpo dan lainnya,” cerita lelaki yang akrab disapa CHK itu.

Yakin Bisa bimbel meyakinkan para peserta bimbel bahwa komunitasnya tidak pernah mengambil upah dalam mendidik para peserta. Berdasarkan data dari alumni Yakin Bisa Bimbel, sudah banyak alumni yang berhasil menjadi PNS dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minatnya. ”Saya kira ini bukan karena keberhasilan kelompok Yakin Bisa Bimbel, tetapi juga keinginan kuat dari para peserta Bimbel,” ulasnya.

Selain Yakin Bisa Farm, dan Yakin Bisa Bimbel, CHK juga mulai merintis Yakin Bisa Aqiqah, dengan tujuan membangkitkan perekonomian masyarakat dengan menjadikan Yakin Bisa Aqiqah sebagai usaha mikro yang dimulai dari desa. ”Yakin Bisa Aqiqah ini merupakan usaha penyediaan Aqiqah yang dikelola langsung oleh masyarakat, sehingga mereka juga mendapatkan keuntungan,” ungkapnya.

Dari beberapa bidang yang dirintisnya, CHK hanya berharap usaha yang dikerjakan dapat memberikan manfaat pada masyarakat. Setidaknya dapat menambah minat pemuda untuk ikut menekuni usaha di bidang peternakan. ”Saya ingin buktikan bahwa beternak itu juga keren, dan dengan kreativitas, pemuda bisa membuahkan hasil yang nyata untuk diri dan sekitarnya. ”Beternak itu keren, dan berkreatifitas di masa muda sebagai penentunya,” pungkasnya. (km59/km58)

Komentar

News Feed