Perkuat Khazanah Budaya dengan Kerapan Sapi

  • Whatsapp

Kabarmadura.id – Karapan sapi menjadi salah satu khazanah budaya Madura yang terus dirawat oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang.

Komitmen pelestarian budaya itu ditunjukkan Disporabudpar dengan menggandeng Persatuan Olahraga Karapa Sapi (Porkesap) Kabupaten Sampang dalam acara lomba karapan sapi tingkat kabupaten yang berlangsung di lapangan Priuk, Desa Ketapang Barat, Kecamatan Ketapang.

Kepala Disporabudpar Kabupaten Sampang, Aji Waluyo menyampaikan, perlombaan itu bertujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya karapan sapi yang merupakan kebudayaan tradisonal di Madura.

Di samping itu, sebagai seleksi tim terbaik yang akan diikutkan dalam ajang Piala Presiden di Pamekasan Oktober mendatang.

“Karapan sapi perlu dilestarikan, dikemas dengan apik agar menjadi produk budaya yang punya nilai jual tinggi, sehingga mampu mendongkrak kehadiran wisatawan lokal maupun manca negara,” katanya.

Dikatakan Aji Waluyo, karapan sapi yang dipopulerkan pada abad ke-18 tersebut, diharapkan tetap menjadi budaya masyarakat di Madura, sehingga karapan sapi tersebut tidak punah dan terus berkembang.

“Generasi muda tentu harus ikut memahami budaya. Jika tidak, budaya yang kita banggakan ini akan hilang tinggal nama,” tambahnya. (awe/sam/waw/km)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *