Perlu Pembenahan di Internal Manajemen Satpol PP Sampang

  • Whatsapp
(FOTO: FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) KOMPAK: Pejabat di internal Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kompak foto bersama menyambut susunan organisasi dan tata kerja (SOTK) baru

KABARMADURA.ID, SAMPANG  – Terbitnya regulasi baru, mengakibatkan perubahan di internal Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sampang. Sehingga, dilakukan pengajuan susunan organisasi dan tata kerja (SOTK) baru. Pengakuan SOTK dilakukan sejak bulan Januari 2021. Namun sampai saat ini, masih menunggu proses persetujuan.

Nantinya, SOTK baru akan berdampak pada sistem kinerja dan penganggaran yang lebih efektif. Seperti yang tertuang pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 90 tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah. Hal ini diungkapkan Kasatpol PP Sampang Suryanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Masyarakat (Linmas) Suaidi, Rabu (8/9/2021).

Bacaan Lainnya

“Yang pasti ada beberapa perubahan pada SOTK baru dan pasti lebih efektif serta efisien. Baik dalam kinerja dan penganggaran,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini tengah melakukan pembenahan manajemen. Dalam SOTK baru nanti, banyak perubahan besar di internal Satpol PP. Termasuk, kewenangan dan tugas di beberapa bidang. Sebab, pada SOTK baru bidang ketertiban umum (tribum) akan melebur dengan bidang linmas menjadi satu bidang, yakni bidang tribum. Sehingga proses penganggaran lebih efektif.

Sedangkan di bidang penegakan peraturan daerah (perda) akan bergabung dengan bidang pembinaan penyidik pegawai negeri sipil (PPNS). Sebelumnya dua bidang itu terpisah. Selain  itu, ada tambahan bidang tersendiri khusus pemadam kebakaran (damkar). “Kalau sebelumnya, ada beberapa kegiatan yang masih bercampur antara satu bidang dengan bidang lain. Di SOTK yang baru ada penyatuan penganggaran,” tuturnya.

Ditegaskan, sesuai regulasi baru mulai menata menjadi fungsional. Setiap personel akan mencari kegiatan untuk mendapatkan nilai. Sehingga, berlomba-lomba mencari prestasi. Seperti, pada organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Sampang Yuliadi Setiawan mengaku, pengajuan SOTK baru di Satpol PP masih dalam proses persetujuan. Pihaknya berharap, ada perbaikan yang signifikan. Sehingga mendorong kemajuan pemerintah daerah. “Peran Satpol PP ini sangat penting. Perubahan -perubahan kami lakukan. Salah satunya, adanya SOTK baru nantinya. Setiap tugas dan wewenang akan memperbaiki sistem di internal Satpol PP,” responnya. (man/ito)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *