Perpanjangan BLT DD di Sumenep Tunggu Juknis

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) ANTRE: Warga saat menunggu panggilan pembagian BLT DD di Kecamatan Socah, Bangkalan, beberapa waktu lalu.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN  – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) dipastikan akan terus diperpanjang hingga akhir 2021. Namun perpanjangan bantuan tersebut masih belum bisa direalisasikan. Sebab,  sampai saat ini petunjuk teknis pencairan BLT DD belum turun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan Ahmad Ahadian mengutarakan, perpanjangan BLT DD sudah disampaikan dan dipastikan melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 22 tahun 2020. Dan nominalnya sudah ditentukan setiap penerima mendapatkan Rp300 ribu.

Bacaan Lainnya

”Kami baru bisa memastikan setelah peraturannya keluar, sebelumnya kabar perpanjangan ini masih simpang siur,” katanya saat memberikan keterangan. Selasa, (5/1/2021).

Menurut pria yang akrab disapa Dhiet tersebut penerima bantuan akan di diperbaharui setiap bulan. Dengan harapan bisa merata dan tepat sasaran. Penentuan penerima nantinya akan dikembalikan sesuai keputusan musyawarah masing-masing desa. Sehingga setiap bulan kemungkinan penerima bisa saja tidak sama.

”Penerima akan dimusyawarahkan oleh perangkat desa, tentu juga mengacu pada kebutuhan masyarakatnya,” paparnya.

Kepala Desa Pendabah, Kecamatan Kamal, Syaiful Dullah membenarkan, bahwa dirinya sudah mengetahui mengenai adanya perpanjangan bantuan BLT DD, tetapi informasi masih hanya sepintas kabar di lingkup kecamatan. Informasi dan edaran resminya juga belum ada. “Pada saat pertemuan menjelang akhir tahun kemarin infonya susah beredar, tapi masih menunggu edarannya dari DPMD,” tuturnya.

Syaiful memperkirakan teknis penentuan penerimaannya, kemungkinan sama dengan sebelumnya. Tetapi nanti akan diutamakan bagi yang belum pernah mendapatkan, seperti janda, lansia, dan juga warga yang terkena PHK. “Kami upayakan, yang sudah pernah menerima tidak lagi mendapatkan, teknisnya masih akan kami musyawarahkan dengan perangkat desa,” pungkasnya. (km59/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *