oleh

Perpindahan Lokasi Puskesmas Kedungdung Minim Sosialisasi

KABARMADURA.ID, SAMPANG, KEDUNGDUNG-Pelayanan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang sejak awal Maret 2021 dipindah ke Balai Desa Kedungdung. Perpindahan itu, lantaran gedung yang lama akan diperbaiki. Namun, adanya perpindahan menuai keluhan masyarakat setempat. Hal tersebut, diungkap anggota Komisi IV DPRD Sampang, Moh. Iqbal Fathoni, Senin (29/3/2021).

Menurutnya, perpindahan sementara belum ada sosialisasi. Sehingga, ketika warga membutuhkan pelayanan kesehatan masing kebingungan. Seharusnya, jika ada perpindahan pelayanan kesehatan harus disosialisasikan terlebih dulu, baik melalui pihak kecamatan maupun pemerintahan desa (Pemdes).

“Adanya perpindahan pelayanan kesehatan, sepertinya tidak ada sosialisasi. Karena kami sering menerima laporan dari masyarakat, dan sebagian teman-teman relawan,” ujarnya

Selain itu, Moh. Iqbal Fathoni yang akrab disapa Bung Fafan itu berharap, pihak puskesmas memprioritaskan kebutuhan masyarakat. Sehingga, pelayanan tersebut harus dioptimalkan. Namun, berdasarkan informasi yang diperoleh untuk fasilitas di gedung balai desa tidak memadai.

“Untuk fasilitas itu harus memadai, karena ini persoalan kesehatan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kedungdung Kabupaten Sampang, Zahruddin tidak menampik atas informasi tersebut. Hanya saja, ia menyampaikan bahwa di puskesmas yang lama ada petugas yang menjaganya. Sehingga, ketika ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan diarahkan ke tempat yang baru.

“Disana itu, ada petugas yang menjaga. Kalau ada masyarakat yang datang kesana diarahkan ke balai desa ini,” responnya.

Pihaknya mengakui minimnya fasilitas tersebut. Sebab untuk mencari lokasi yang lebih luas dan layak, cukup sulit. Sehingga, dengan terpaksa untuk Puskesmas dipindah ke balai desa. “Ini sementara, karena gedung yang lama mau diperbaiki,” tukasnya.  (mal/ito)

Komentar

News Feed