oleh

Perpusda Sumenep, Setiap Hari hanya 40 Pengunjung

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Meski layanan peminjaman buku di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusda) Sumenep sudah dibuka. Namun hal itu dinilai tidak lantas membuat minat baca meningkat. Bahkan keberadaan perpustakaan masih sepi pengunjung.

Kepala Bidang Perpustakaan DPK Sumenep Chairul A HD mengatakan, terhitung sejak 26 Maret 2020, layanan kunjungan untuk membaca dan meminjam buku sudah ditutup. Namun pada menjelang akhir tahun sudah kembali dibuka normal. Meski sudah kembali dibuka sejauh ini pengunjung perpustakaan masih sepi.

“Ya setiap hari biasanya hanya 20 orangan yang datang, rata-rata biasanya mahasiswa. Ya mungkin karena sekolah masih belum masuk normal,” kata dia.

Bukan hanya layanan manual, termasuk layanan yang difasilitasi secara online oleh Perpusda juga masih belum maksimal. Hal itu terlihat sejak data itu terhimpun dari tahun 2018, sejak layanan e-book itu didirikan sampai tahun 2020 ini hanya ada 3.936 orang yang berkunjung di layanan online tersebut. Pihaknya mengakui meskipun layanan manual sempat ditutup ternyata tidak berpengaruh terhadap jumlah pengunjungnya.

“Tahun ini belum terakses. Tapi biasanya hanya sekitar 35 sampai 40 pengunjung setiap hari, dan jumlah yang beberapa ribu tadi itu sudah terhitung dari akumulasi sejak layanan online itu didirikan. Dan itu tidak ada target memang sebenarnya,” imbuhnya.

Anggota Komisi IV DPRD Sumenep Samiuddin. Salah satu yang harus dibenahi adalah kelengkapan sarana dan prasarana (sarpras) di antaranya fasilitas ruang baca yang masih jauh dari kategori ideal.

“Misalnya waktu kami datang ke sana seperti gedung itu masih terlalu sempit, tidak nampak kalau itu perpustakaan masyarakat Sumenep. Jadi ini yang mungkin salah satu sebabnya,” paparnya. (ara/mam)

Komentar

News Feed