oleh

Perpusda Terkendala Lahan Parkir yang Minim

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan mengklaim jumlah pengunjung terus meningkat. Hanya saja, banyaknya pengunjung tidak didukung dengan sarana dan prasarana lahan parkir yang memadai.

Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan Kusairi mengutarakan, pada tahun 2018 jumlah pengunjung dalam satu tahun sebanyak 66.862 orang.

Kemudian, sejak awal tahun 2019 sampai saat ini berjumlah 12.567 pengunjung dengan rincian, Januari sebanyak 4.356 pengunjung, Februari sebanyak 4.692 orang dan Maret mencapai  3.519 pengunjung.

“Para pengunjung perpustakaan setiap tahunnya melonjak dan ini memang harapan kami bahwa salah satu tingkat keberhasilan perpustakaan daerah adalah dengan melihat jumlah kunjungan ke perpustakaan,” ungkapnya, Kamis (14/3).

Namun, seiring meningkatnya jumlah pengunjung, pihaknya mengatakan jika Perpusda Pamekasan terkendala lahan parkir.

“Banyaknya pengunjung berpengaruh terhadap para pemustaka tersebut. Otomatis susah parkir karena luasnya dan panjangnya tidak memadai jika diukur dari banyaknya pengunjung,” bebernya.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan Ahmad Zaini menyampaikan, rehabilitasi parkir rencanannya akan direalisasikan tahun ini. Rencannya, parkir perpusda akan dilantai dua.

Pembangunan parkir yang direncanakan dua lantai itu berasal dari APBN. Zaini menyebutkan, Perpustakaan Daerah Pamekasan mendapatkan dana hibah dari Perpustakaan Nasional.

“Proses pelelangan sampai saat ini untuk jumlah anggarannya kami mau kroscek lagi,” ucap pria berkumis itu.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Pamekasan Hosnan Ahmadi menyampaikan, perluasan parkir selayaknya dilakukan dari dulu, mengingat banyaknya pengunjung.

“Pembangunan lahan parkir perpusda segera dilaksanakan agar tidak mengganggu para pustakawan,” pintanya. (km45/rei)

Komentar

News Feed