Pers sebagai Pilar Demokrasi, Bupati Sumenep: Harus Istikamah Kontrol Kebijakan Pemerintah

News53 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi mengajak insan pers konsisten dalam mengontrol kebijakan pemerintah. Terutama, dalam setiap kebijakan selalu memprioritaskan kepentingan masyarakat. Ajakan tersebut tercurahkan pada perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-77, Kamis (9/2/2023).

Menurutnya, insan pers harus bekerja sesuai dengan kode etik jurnalis. Utamanya, dalam mengawal seluruh kebijakan. Baik dari pemerintah daerah, provinsi maupun pusat. Sehingga, melalui momentum ini paling tidak mampu menghangatkan semangat untuk terus berinovasi dalam mengawal setiap kebijakan. 

“Karena fungsi pers ini tidak terlepas dari pilar demokrasi. Intinya, terus mendampingi pemerintah dalam mengontrol setiap kebijakan,” ujarnya kepada Kabar Madura. 

Baca Juga:  Di Luar Bonus, Kontingen Sumenep Didanai Rp2 Miliar di Porprov Jatim VII

Politisi Muda dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini berharap, PWI Sumenep yang menaungi beberapa media mampu secara optimal menyajikan pemberitaan yang mendorong kemajuan pembangunan di kabupaten paling timur Pulau Madura ini. 

“Media harus memberikan informasi berdasarkan fakta di lapangan. Itu sebabnya pers harus tetap berkarya berdasarkan kaidah jurnalistik dan teruslah memberikan edukasi untuk masyarakat,” paparnya.  

Sementara itu, Ketua PWI Sumenep M.Syamsul Arifin menuturkan, secara umum insan pers yang  berada di bawah naungan PWI senantiasa bersinergi dengan pemerintah demi kepentingan rakyat dan kemajuan Sumenep secara utuh. Pelaku media harus independen dalam mengawal program pemerintah yang pro rakyat. 

Baca Juga:  Sajikan Berbagai Hiburan di Serangkaian Kalender Event Bupati Sumenep

“Dan siap memberikan masukan demi kebaikan bersama, demi kemajuan sebuah daerah. Tetapi insan pers juga harus senantiasa introspeksi diri, mengontrol diri sendiri dan juga mengontrol kebijakan pemerintah,” responnya.

Sekedar diketahui, acara resepsi yang digelar di Kantor PWI Sumenep cukup semarak. Orang nomor satu di daerah yang identik dengan slogan Kota Keris ini hadir bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para Ketua Organisasi Kewartawanan (KOK). (*)

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *