oleh

Persiapan Pilkades Serentak Masih Stagnan

Kabarmadura.id/SUMENEP – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumenep akan dilaksanakan antara  bulan Oktober-Nopember 2019. Meskipun waktunya semakin dekat, namun persiapan masih jalan di tempat. Sampai saat ini belum ada penentuan waktu dan tanggal pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.

Kepala Dinas Pembinaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Ahmad Masuni mengatakan, perkembangan persiapan penyelenggaraan pilkades belum ada perkembangan berarti, yakni masih dalam tahap penyusunan proposal.

“Pilkades serentak sekarang masih dalam proses penyusunan proposal. Nanti setelah Pileg (pemlihan legislatif, red) akan kami lakukan sosialisasi,” ungkap Masuni saat ditemui Kabar Madura di kantornya, Kamis (28/2).

Sebelumnya, Masuni masih belum memutuskan apakah tahapan pilkades serentak ini mekanismenya akan dilakukan satu tahap atau dua tahap. Hal itu terkait pesonel keamanan yang tersedia. Apabila pihak keamanan dirasa cukup, maka tahapan pilkades serentak akan dilakukan satu kali. Sebaliknya, jika personel keamanan tidak mencukupi, maka pikades serentak akan dilakukan dalam dua tahap. Hal itu dilakukan demi mengantisipasi berbagai kejadian tak terduga dalam pilkades serentak yang memang rawan konflik.

Mengenai peraturan bupati (perbub), Masuni menjelaskan masih belum ada. Namun aturannya sudah ada. Lebih lanjut, Kepala DPMD tersebut berharap agar prosesi pemilihan kepala desa serentak ini bisa berjalan sesuai dengan mekanisme dan regulasi yang berlaku. (km44/pai)

Komentar

News Feed