oleh

Pertamina dan Poltera Sinergikan CSR Kembangkan Batik Khas dengan Teknologi Modern

Kabarmadura.id/SAMPANG-Politeknik Negeri Madura (Poltera) Sampang resmi jalin sinergi dengan dengan PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Camplong dalam realisasi corporate social responsibility (CSR). Bentuk kerja samanya adalah membangun sebuah sistem berupa alat cetak batik yang nantinya akan diterapkan di wilayah Camplong.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilaksanakan pada Selasa (1/9/2020) di gedung kampus Poltera Jalan Raya Taddan Camplong.

Dalam kegiatan itu, tampak hadir Direktur Poltera Arman Jaya, Wakil Dirut Poltera dan sejumlah Pimpinan Jurusan, Manager Pertamina Fuel Terminal Camplong, Dedi Subandi.

Direktur Poltera Arman Jaya Menuturkan, kerja sama Poltera dengan sejumlah pihak terkait, dalam hal ini dengan PT. Pertamina Fuel Terminal Camplong untuk membangun dan meningkatkan sinergitas, kemitraan dalam rangka peningkatan kontribusi, kualitas sumber daya masyarakat di berbagai sektor kehidupan.

Kata dia, salah satu bentuk sinergitas dan kontribusi nyata Poltera adalah membuat mesin pencetak batik modern yang diproduksi oleh mahasiswa semester akhir. Tujuannya, mesin cetak batik tersebut dapat dipergunakan oleh masyarakat berdasarkan potensi batik di Sampang, khususnya wilayah Camplong.

“Sinergi kerja sama Poltera dengan Pertamina ini, akan sangat menguntung dan bermanfaat bagi kedua belah pihak dan pihak ketiga yakni masyarakat khususnya di wilayah Camplong dan Madura pada umum,” tutur Arman Jaya kepada awak media usai melakukan MoU kerja sama dengan Pertamina, Selasa (1/9/2020).

Dirinya membeberkan, para mahasiswa Poltera, utamanya yang semester akhir, memiliki karya tersendiri di berbagai bidang sesuai disiplin ilmu dan mampu diaplikasikan di masyarakat. Salah satunya teknologi untuk menunjang sektor pertanian, semisal teknologi mesin traktor otomatis, cangkul menggunakan mesin dan semacamnya.

Dirinya mengaku, untuk tugas akhir mahasiswa difokuskan membuat peralatan teknologi yang bisa digunakan oleh masyarakat sekitar. Sehingga bisa menggugah para generasi muda, bahwa bertani ataupun berbisnis itu enjoy, karena sudah ada teknologi yang membantu dan outputnya indek pembangunan manusia (IPM) Sampang dan Madura pada umumnya lebih baik.

“Teknologi yang digabung dengan CSR ini merupakan warna baru khususnya di Sampang, harapannya warna ini akan meluas ke berbagai sektor yang endingnya IPM Madura khususnya Sampang meningkat,” jelasnya.

Sementara itu, Manager Pertamina Fuel Terminal Camplong Dedi Subandi menegaskan, sinergi kerja sama dalam realisasi CSR dengan Poltera itu merupakan yang pertama di Madura. Itu dalam rangka upaya pengembangan masyarakat di sekitar Camplong, untuk tahun ini difokuskan pada pengembangan kerajinan batik.

Pasalnya di wilayah Camplong itu ada batik khas tapi belum terangkat, maka perusahaan berusaha mengangkat dengan menggandeng dan bersinergi dengan Poltera itu. Sehingga selain bisa mengembangkan kerajinan batik, tetapi juga bisa memberikan pengalaman bagi mahasiswa terkait CSR.

“Harapannya sinergi kerja sama ini bisa berkelanjutan, khususnya pengembangan kerajinan batik Camplong ini bisa terangkat dan berguna bagi masyarakat,”harapnya. (sub/waw)

Komentar

News Feed