oleh

: Pertanyaan Debat Kedua Pilkada Sumenep Akan Libatkan Masyarakat

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Debat kandidat kedua Pilkada Sumenep yang akan digelar pada Senin (23/11/2020), akan melibatkan masyarakat. Ada pertanyaan masyarakat yang akan ditampung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep untuk dilontarkan kepada setiap pasangan calon (paslon), Achmad Fauzi-Dewi Khalifah dan Fattah Jasin-M. Ali Fikri Warits.

Debat kandidat itu akan diselenggarakan KPU Sumenep akan digelar pada Senin (23/11/2020). Debat ronde kedua ini akan mengangkat tema berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) 13 Tahun 2020, yakni ‘Memajukan dan Menyelesaikan Permasalahan Daerah di Tengah Covid-19’. Kedua paslon akan beradu solusi dan program terkait permasalahan terkini tersebut.

“Memajuman dan menyelesaikan masalah daerah di tengah Covid-19,” kata Komisioner KPU Sumenep Rafiki Tanziel kepada Kabar Madura, Minggu (15/11/2020).

Terlebih, paslon terpilih itu nantinya masih akan menghadapi persoalan Covid-19, mulai dari penanganan hingga pemulihan, sebagaimana fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep tahun 2021.

Selain itu, KPU melakukan perubahan di debat kandidat kedua itu. Pihaknya akan menerima pertanyaan dari masyarakat Sumenep. Terobosan tersebut bisa memberikan kesempatan bagi masyarakat yang tahu kondisi secara langsung di lapangan untuk berpartisipasi aktif dalam debat kandidat kedua.

Teknisnya, masyarakat bisa menyerahkan peetanyaan secara langsung beserta menyerahkan identitas diri. Serta, menurut regulasi, pengiriman tujuh hari sebelum hari pelaksanaan debat.

“Nanti dikirim langsung ke KPU dengan disertai identitas yang jelas. Kalau aturannya 7 hari sebelum debat sudah diterima oleh KPU,” tutup mantan jurnalis radio ini. (idy/waw)

Komentar

News Feed