Peruntukan Rp240 Juta Dana Partisipasi HCML Disembunyikan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOKUMEN) PROTES: Nelayan geram karena wilayahnya tidak terdaftar sebagai penerima dana partisipasi

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Realisasi dana partisipasi dari Husky Cnooc Madura Limited (HCML) tidak jelas peruntukannya. Terbukti, bantuan itu belum menyentuh kebutuhan nelayan. Meskipun bantuan itu sudah dikucurkan untuk enam desa di Kecamatan Camplong.

Salah satu nelayan di Desa Tanjung mengaku baru tahu kalau dana bantuan Rp40 juta ke setiap desa sudah dikucurkan. Sayangnya, bantuan itu belum ada dampak positif ke nelayan secara langsung. “Bantuan itu terkesan mengelabui. Seolah nelayan dibantu tapi tidak dirasakan langsung oleh nelayan,” katanya sambil menolak namanya dikorankan.

Bacaan Lainnya

Dia mengungkapkan, jika nelayan tetap merasakan dampaknya. Salah satunya soal wilayah tangkapan. Meskipun, di Desa Tanjung bukan wilayah terdampak namun nelayan tetap merasa dirugikan.

Disinggung soal adanya bantuan? Pihaknya mengaku sebagian nelayan ada yang mungkin merasakan bantuan. Tapi sebagian besar nelayan tetap tidak merasakan bantuan dari HCML.

“Bantuan itu tidak jelas. Apakah untuk nelayan atau kepala desa. Sementara yang merasakan dampak adalah nelayan,” ungkapnya.

Data yang dihimpun Kabar Madura, sedikitnya enam desa di Kecamatan Camplong menerima bantuan dana partisipasi. Diantaranya, Desa Tanjung, Sejati, Banjar Talela, Dharma Camplong, Desa Taddan dan Desa Tambaan. Setiap desa menerima dana sebesar Rp40 juta.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sampang, Yuliadi Setiawan membenarkan jika dana partisipasi diberikan kepada kepala desa langsung. Namun menurutnya, pihaknya tidak mengetahui secara detail peruntukannya. “Saya tidak tahu detail. Namun yang pasti bantuan itu bentuk kepedulian HCML kepada nelayan,” katanya.

Sementara Manajer Regional Office HCML Hamin Tohari dan Ali Aliyuddin kompak menolak memberikan keterangan rinci. “Ya nggak bebas lah. Masak mau dibelanjakan bebas,” katanya singkat. (man/mam)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *