oleh

Perusak Harga Ayam Pedaging di Pamekasan TerdeteksiUlah Broker

Kabarmadura.id/PAMEKASAN–Harga ayam pedaging di tingkat peternak saat ini telah meningkat dari sebelumnya. Namun di balik anjloknya harga ayam pedaging, masih menyisakan misteri yang sebelumnya membuat peternak kesusahan.

Pasalnya, meski harga ayam pedaging di tingkat peternak meningkat, di pasaran harga daging ayam tetap stabil dan tidak terjadi penurunan.

Diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan Ahmad Sjaifuddin, kejanggalan yang terjadi sejatinya disebabkan oleh pihak yang merusak harga ayam pedaging yang disebutnya sebagai broker. Broker itulah yang menurutnya membuat harga ayam pedaging di tingkat peternak anjlok sementara harga daging ayam di pasaran tetap stabil.

“Karena ada broker yang bermain, sehingga hanya merugikan peternak ayam,” ucapnya.

Menurutnya, selama ini produsen ayam pedaging di Pamekasan tidak hanya memenuhi kebutuhan pangan di Pamekasan saja, melainkan kabupaten lain juga menerima suplai dari peternak Pamekasan, seperti Sampang dan Sumenep.

Sehingga menurutnya, ketersediaan ayam pedaging di tingkat peternak melimpah dan harga ayam pedaging pun merosot. Ahmad menegaskan, bahwa tinakan para broker itu hanya akan menyusahkan pihak-pihak tertentu dan membuat pemerintah kesulitan dalam mengendalikan harga ayam pedaging.

“Karena itu stok kita melimpah dan membuat harga ayam pedaging anjlok,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Moh. Ali berharap, pemerintah dapat terus mengendalikan serta menstbailkan pergerakan harga komoditi pangan di Kabupaten Pamekasan.

Sebab menurutnya, sejumlah komoditi yang tidak terkendali oleh satgas pangan akan membuat pergerakan harga komoditi bergerak liar dan hanya akan menyusahkan pihak-pihak tertentu sebagaimana yang terjadi pada harga ayam pedaging beberapa waktu yang lalu.

“Satgas pangan ini harus terus memantau, agar sejumlah komoditi kita harganya terkendali,” tukasnya. (ali/waw)

Komentar

News Feed