Peserta WUB Belajar Membuat Aneka Kebab selama 5 Hari


Peserta WUB Belajar Membuat Aneka Kebab selama 5 Hari
(M. ARIF/KM.ID) BERLATIH: Peserta Pemagangan Pelatihan Pembuatan Aneka Kebab DMPTSP dan Naker Pamekasan sedang fokus membuat olahan, di I-Cafe & Resto, Kamis (1/9/2022).

KM.ID | PAMEKASAN – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Pamekasan sedang menggelar Pemagangan Pelatihan Pembuatan Aneka Kebab.

Kegiatan ini berlangsung selama lima hari. Dari Senin (29/8/2022) hingga Jumat (2/9/2022) mendatang.

Serangkaian program Wira Usaha Baru (WUB) ini dilaksanakan di I-Cafe & Resto, Jalan KH. Agus Salim, Kelurahan Barurambat Kota, Kota Pamekasan.

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Hubungan Industrial DPMPTSP dan Naker Pamekasan Deddy Aryanto berharap, pelatihan tersebut bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Pamekasan.

"Ini upaya dari pemerintah daerah untuk menumbuhkembangkan wirausaha baru Pamekasan, sehingga perekonomian semakin tinggi, dan kemiskinan semakin berkurang ke depan,” ungkapnya saat diwawancarai KM.ID, Kamis (1/9/2022).

WUB ini, lanjut Deddy, merupakan program prioritas Bupati Pamekasan, yang diluncurkan untuk menumbuhkan wirausaha baru melalui pendidikan dan pelatihan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi.

Sementara pemilihan tema pelatihan Kebab itu, kata Deddy, berdasarkan realita bahwa kebanyakan Kebab itu hanya berbau Timur Tengah saja. Padahal, orang Pamekasan juga bisa membuat dan mengolahnya menjadi sangat nikmat.

“Bahkan harapan besar kami, ketika peserta sudah menyelesaikan pelatihan ini, diharap mereka bisa memasarkan ke tengah-tengah masyarakat, sehingga ini bisa menunjukkan bahwa orang Pamekasan juga pintar membuat kuliner Kebab,” ungkapnya.

Menurut salah seorang peserta, Wasilatul Bariroh, kegiatan pelatihan tersebut sangat bermanfaat. Apalagi, dia mengaku senang berjualan kuliner secara online kepada teman-temannya.

“Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah menggelar pemagangan pelatihan, saya harap ke depannya bisa merealisasikan ilmu hasil kegiatan itu,” ungkapnya kepada KM.ID, Kamis (1/9/2022).

Selain hal tersebut, kata ibu dua anak itu, pada saat dirinya mengunggah foto Kebab yang dibuatnya di status WhatsApp, banyak yang berminat untuk membelinya.

“Pokoknya saya sangat senang ikut pelatihan ini, banyak ilmu dan langsung praktik juga,” pungkasnya.

Reporter: KM1

Redaktur: Ongky Arista UA