oleh

Pesisir Kamal Jadi Lautan Sampah, DLH Bangkalan Lepas Tangan

Kabarmadura.id/Bangkalan-Sampah yang berserakan di bibir laut sekitar dermaga timur Pelabuhan Kamal, cukup merusak pemandangan dan kondisi laut. Bahkan, semakin hari semakin menumpuk, sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan lautan sampah.

Pantauan Kabar Madura, jika kondisi air pasang, sampah di laut hanya nampak sedikit, namun berserakan ke sembarang tempat. Jika keadaannya surut, juga tak kalah mengenaskan, sampah itu sangat jelas keberadaanya, bahkan sampai naik keatas trotoar.

Warga Desa Kamal, Andi Lutfi mengaaku sudah cukup lama resah dengan kondisi tersbut. Desanya yang menjadi lokasi sampah tersebut, seakan tidak ada yang peduli.

“Setiap harinya tumpukan sampah itu semakin banyak, sehingga membuat air laut menjadi keruh dan tercemar,” ungkapnya, Senin (2/12/2019).

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan Joni Artiono mengatakan, sampah tersebut, sejatinya kiriman dari berbagai macam daerah yang terbawa air laut. Sehingga menurutnya, itu bukan menjadi tanggung jawabnya, melainkan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Kecuali kalau yang ada di atas trotoar,” jelas Joni, Senin (2/11/2019).

Joni menambahkan, sampah tersebut diduga berasal dari pabrik. Bahkan, limbahnya yang datang dari luar Bangkalan itu, terbawa arus  air laut yang  mengendap di pesisir Kamal. Soal keberadaan sampah di atas trotoar, menjadi tanggung jawabnya.

Sedangkan keberadaan sampah di laut, akan dilaporkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur untuk mencari jalan keluarnya.

“Kami dari DLH pernah turun langsung ke sana untuk mengangkat semua sampah yang ada di sana, namun tidak lama kemudian sampah itu datang lagi waktu air surut, namun waktu air  pasang, maka sampah sampah itu tidak terlihat,” pungkasnya. (km50/waw)

Komentar

News Feed