Petakan 26 Desa Kekeringan Kritis

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Bangkalan-Memasuki musim kemarau membuat sejumlah desa di Kabupaten Bangkalan mulai mengalami kekeringan. Bahkan, pada saat ini sudah ada puluhan desa yang dipetakan sebagai desa  kekeringan kritis.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan Rizal Morris mengaku sudah mulai memetakan sejumlah daerah yang rawan kekeringan. Dari hasil pemantauan diperkirakan ada 26 desa yang menjadi daerah rawan kekeringan kritis dan 7 desa mengalami kering langka.

“Pada musim kemarau ini pemetaan terhadap desa yang diperkirakan mengalami kekeringan dan krisis air bersih sudah dilakukan,” ucapnya. Minggu (7/7).

Dikatakan Rizal, kekeringan itu tersebar di 12 kecamatan. Ditegaskannya, jika pemetaan tersebut berdasarkan keterangan tim yang telah diterjunkan ke beberapa desa dengan dasar data kekeringan pada tahun-tahun sebelumnya. Seperti Desa  Galis Daja Kecamatan Konang yang dipetakan sebagai daerah rawan kritis.

“Kemungkinan data ini bisa bertambah dan berkurang. Kita juga turun ke kecamatan yang berpotensi kering sesuai data dari tahun ke tahun,” paparnya.

Ditanya prediksi desa yang paling parah mengalami kekeringan, Rizal  mengaku saat ini belum bisa memberikan keterangan secara lebih rinci. Namun sementara waktu pihaknya hanya menetapkan desa kekeringan kritis dan langka.

“Sementara pemetaan saja, selanjutnya kita akan lakukan pendataan kembali,” tukasnya. (mam/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *