Petani Beli Pupuk Tidak Perlu Pakai Kartu Tani

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) BEKERJA: Para pekerja saat membongkar muatan pupuk di gudang pupukDesa Keleyan, Kecamatan Socah, Bangkalan.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Penggunaan kartu tani untuk penebusan pupuk bersubsidi ditahun 2021 kembali ditangguhkan. Sebab, masih banyak petani yang belum mendapatkan kartu tersebut.Selanjutnya,kembali diberkalkukan penebusan menggunakan form yang disediakan oleh kios.

Staf Perwakilan Daerah Penjualan (SPDP) PT Petrokimia Gresik Devid Khoirul menyampaikan, jatah pupuk subsidi disetiap kabupaten sudah disahkan oleh Kementerian Pertanian. Dengan stok tersebut, diharapkan menjadi perhatian agar dimaksimalkan untuk petani.

Bacaan Lainnya

Diketahui, jatah pupuk yang ditetapkan untuk Bangkalan hingga 20.007.00 ton.

“Stok pupuk sudah ditetapkan, saat ini sudah kami kirim ke masing-masing daerah,” jelasnya.

Mengenai kartu tani, Pimpinan BNI Cabang Bangkalan Hengky Kurniawan menuturkan, penerbitannya sangat terbatas. Pihaknya masih memproses penerbitan kartu tani berdasarkan data rencana definitif kebutuhan kelompok(RDKK) tahun 2020, yakni sekitar 67 ribu petani.Sedangkan yang sudah tercetak sekitar 42 ribu kartu tani.

RDKK merupakan pedoman yang digunakan pemerintah untuk mendistribusikan jumlah kebutuhan pupuk bersubsidi bagi kelompok tani (poktan).

“Kami masih memproses penerbitan sisa dari 67 ribu itu, sedangkan untuk yang 126 ribu masih belum valid dan mungkin akan dibuka lagi,” ulasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Bangkalan Puguh Santoso membenarkan bahwa jatah stok pupuk yang sudah diputuskan oleh pemerintah pusat. Jika dari jatah tersebut kurang, kemungkinan akan mengajukan lagi.

”Yang sudah ditetapkan ini akan kami maksimalkan, berkaitan dengan kekurangan nanti menyusul,” paparnya.

Anggota Komisi B DPRD Bangkalan Fadhur Rosi berharap petani lebih tenang. Sebab kebutuhan pupuk sudah didistribusikan ke masing-masing kios. Untuk penebusan masih bisa menggunakan form. Dengan dilampirkan foto copy KTP.

“Awal tahun ini sudah mulai didistribusikan, dam masih bisa menggunakan form,” paparnya.

Sedangkan mengenai kenaikan harga pupuk, Fadhur mengatakan itu sudah kebijakan kementerian. Sehingga dinilai wajar. Kenaikannya juga tidak terlalu siginifikan, sehingga tidak terlalu berdampak untuk.warga. ‘

”Petani lebih memilih harganya dinaikkan daripada stok pupuknya dikurangi,” pungkasnya.

Sementara itu, Dinas Pertanian Sampang masih mendata petani di semua kecamatan. Sejauh ini masih banyak yang belum terdata. Sedikitnya terdapat 36.653 petani yang harus masuk data baru. Data itu yang dijadikan rujukan untuk menerbitkan kartu tani.

Sebelumnya, petani yang terdata di Dispertan Sampang hanya sebanyak 124.490 orang. Setelah ada penambahan36.653, jumlahnya bertambah menjadi 161.143 petani. Ditargetkan, semua petani sudah mendapatkankartu tani di tahun 2021 ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispertan Sampang, Suyono mengaku sengaja meendata kembali petani. Sehingga data baru menambah data RDKK elektronik.

“Kami sisir kembali petani. Terbukti banyak yang belum masuk data sebelumnya. Sehingga kami lakukan pendataan baru,” katanya.

Pendataan diklaim dilakukan secara detail. Jika dalam satu kartu keluarga (KK) ada dua petani, tidak dihitung semua. Tapi hanya satu orang yang masuk dalam data petani. Namun, jika masih dalam satu rumah tapi beda KK, dianggap berbeda dalam data.

Pihaknya berharap, petani yang belum terdata pada pendataan terakhir, agar melaporkan diri. Baik melalui kelompok atau langsung ke Dispertan. Sebab, direncanakan tahun 2021 sudah akan diberlakukan secara total kartu tani.

“Kami kerahkan semua tim untuk melakukan percepatan pendataan. Kami targetkan semua petani terdapat. Sejauh ini saya yakin masih ada petani yang belum terdata,” terang Suyono.(KM 59/man/waw)

JATAH PUPUK SUBSIDI BANGKALAN TAHUN 2021

SP 36 1.287 ton

ZA 6.206 ton

NPK 17.670 ton

Organik Granul 2.937 ton

Organik Cair 5.616 liter

Total 20.007  ton

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *