oleh

Petani Difasilitasi Pembibitan Tembakau Senilai Rp490 Juta

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten Pamekasan, terus berupaya memfasilitasi para petani tembakau agar mampu memproduksi tembakau unggulan. Tak tanggung-tanggung, pemerintah mengucurkan anggaran senilai Rp490 juta untuk memfasilitasi petani dalam pembibitan bahan baku rokok tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Hortikultura Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Pamekasan Nolo Garjito mengungkapkan, fasilitasi pembibitan tanaman tembaku itu nantinya akan disalurkan melalui kelompok tani dit 13 kecamatan.

Dijelaskannya, mekanisme realisasi bantuan tersebut, akan melibatkan langsung petugas dari kemernterian pertanian, dengan didampingi penyuluh dan kelompok tani di masing-masing kecamatan.

“Kami selalu melakukan pengecekan serta keadaan para petani secara langsung di lapangan,” paparnya minggu (19/5)

Lebih lanjut, pria yang akrab di panggil Nolo itu, untuk jenis bibit tembakau yang nantinya akan disampaikan pada petani, adalah bibit varietas Prancak 95. Diungkapkannya, bibit varietas itu merupakan bibit tembakau unggulan, sehingga, pihaknya tidak bertanggung jawab bila harga tembakau murah, jika petani tidak mau menanam bibit tembakau varietas Prancak 95 itu.

Selain itu, petani juga diminta untuk menjaga kebersihan hasil rajangan tembakau dari unsur-unsur non-tembakau. Menghindarkan anak-anak sebagai pekerja saat musim tanam hingga musim panen tembakau.

“Tujuan diberikannya bantuan tersebut agar para petani juga tidak dibingungkan dengan cara menanam,” paparnya.

Ketua Komisi II DPRD Pamekasan Apik menyampaikan, petani harus siap menyeragamkan benih yang sudah ditentukan pemerintah. Dengan begitu masyarakat akan sadar bahwa memang benih varietas Prancak 95 benar-benar dirasa penting.

Dinas terkait harus selalu memberikan penyadaran dan pendekatan-pendekatan terhadap para petani mulai sejak dini, supaya masyarakat tidak salah pilih menggunakan benih.

“Pantau terhadap petani harus intens dilakukan,” pintarnya. (km45/pin)

Komentar

News Feed