oleh

Petugas Terpapar Covid-19, Dua Puskesmas di Sampang Tutup Layanan

Kabarmadura.id/Sampang-Sedikitnya ada dua pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kabupaten Sampang yang menghentikan layanan kesehatan. Hal itu disebabkan petugas kesehatan yang terpapar Covid-19. Kedua puskesmas itu, yakni Puskesmas Jrengik dan Puskesmas Ketapang.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sampang Asrul Sani mengatakan, penutupan pelayan puskesmas dilakukan selama satu pekan kedepan, mulai hari ini tanggal 2-8 Juli 2020. Kebijakan itu diambil untuk memutus penyebaran Covid-19. Sebab, salah satu tenaga kesehatan dinyatakan terinfeksi Covid-19 melalui uji swab.

Dirinya mengungkapkan, dugaan sementara petugas kesehatan itu terpapar saat melayani pasien dengan status orang tanpa gejala (OTG) yang datang ke puskesmas. Terlebih, kedua petugas itu, berposisi di bagian tenaga pelayanan yang bersentuhan langsung dengan pasien.

“Untuk identitasnya saya lupa karena harus mengurus data se kabupaten, yang terpenting ada satu para medis yang terpapar,” ungkapnya, Kamis (2/7/2020).

Pihaknya menjelaskan, untuk langkah selanjutnya, pihaknya akan menekankan kepada para petugas kesehatan yang ada di dua puskesmas tersebut, untuk melakukan isolasi mandiri selama satu pekan dan melihat apakah ada gejala.

Dengan bertambanya dua pelayanan puskesmas itu, saat ini total puskesmas yang ditutup akibat wabah Covid-19 berjumlah tujuh puskesmas. Diantaranya, Puskesmas Tambelangan, Robatal, Banyuates, Omben, Karang Penang, Ketapang, dan Puskesmas Jrengik.

“Dari tujuh puskesmas, lima diantaranya sudah dibuka dan tinggal dua ini (Puskesmas Jrengik dan Ketapang, red) yang baru ditutup,” pungkasnya. (mal/pin)

 

 

Komentar

News Feed