Pilkada 2020, Bawaslu Rekrut 81 Panwascam

  • Whatsapp
(KM/IMAM MAHDI) PROGRES : Jelang pilkada Bawaslu segera bentuk Panwascam.

Kabarmadura.id/Sumenep-Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumenep akan rekrut petugas pengawas pemilu tingkat kecamatan (Panwascam). Koordinator divisi organisasi dan sumber daya manusia (SDM) Bawaslu Sumenep Hosnan Hermawan menyatakan, Bawaslu akan merekrut sebanyak 81 petugas Panwascam untuk Pilkada 2020 mendatang, yang menyebar di 27 Kecamatan.

“Masing -masing kecamatan terdapat 3 orang yang bertugas sebagai panwascam,” katanya, Senin (16/12/2019)

Dijelaskan, sesuai jadwal, penerimaan berkas pendaftaran dilakukan pada 27/11/2019 sampai dengan 3/12/2019. Dan jika sudah lengkap, pada tanggal 16/12/209 sampai dengan 18/12/2019 dilakukan tes wawancara. Hingga penutupan jadwal pendaftaran, terdapat 444 pendaftar, di mana 397 dinyatakan lulus administrasi dan 47 lainnya dinyatakan tidak lulus administrasi.

“Saat ini dalam tes wawancara,” ujarnya.

Sebelumnya, Hosnan juga menyampaikan, pendaftar minimal 25 tahun saat mendaftar dan berdomisili di Kabupaten Sumenep yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP Elektronik, dan bukan anggota partai politik. Sementara jenjang pendidikan minimal SMA sederajat, serta sejumlah persyaratan lain yang telah diatur oleh Pokja Bawaslu Sumenep.

Setiap kecamatan dibatasi jumlah pendaftar minimal 6 orang. Jika tidak sampai batas minimal, Pokja bakal melakukan satu kali masa perpanjangan pendaftaran. Bagi masyarakat yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri, rekrutmen itu terbuka untuk umum.

Dia mengimbau masyarakat tidak terprovokasi apabila ada orang yang mengaku bisa meloloskan dalam seleksi kali ini, apalagi sampai mengatasnamakan dari Bawaslu Sumenep. Karena proses seleksi bakal dilakukan secara terbuka dan tetap mengedepankan asas profesionalisme sesuai aturan yang berlaku. “Kami akan tetap profesianal dalam melaksnakan seleksi,” pungkasnya.

Diketahui ,honor Panwascam meningkat dibandingkan pemilu legislatif April lalu. Ketua Panwascam Rp2,2 juta, sedangkan bagi anggota Panwascam Rp1,9 juta setiap bulan dengan masa kerja 11 bulan. (Imd/pai)

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *