Pilkada Sumenep Bisa Mundur Hingga September 2021

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Sumenep-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kaupaten Sumenep dimungkinkan baru akan digelar pada Desember 2021 mendatang. Opsi tersebut, disampaikan Komisioner KPU Sumenep Rafiqi Tanzil merujuk pada opsi pelaksanaan Pilkada Serentak yang disampaikan KPU Pusat.
Sejatinya, KPU Sumenep saat ini sudah melakukan penundaan tahapan Pilkada merujuk pada instruksi KPU Pusat tentang penudaan tahapan Pilkada imbas dari wabah Covid-19.
“Awalnya, rancangan yang kami terima Pilkada ditunda sampai Juni 2021. Namun, karena berbagai perkembangan dari wabah Covid-19 dan kemungkinan waktu hingga pelaksanaan pemungutan suara dianggap tidak cukup waktu, muncul opsi penundaan paling panjang selama satu tahun. Tentang ini, kita tunggu perkembangan dari penganan wabah dan keputusan dari KPU,” ulas Tanzil.
Kepastian penundaan tahapan Pilkada Sumenep juga berimbas pada Panitia Ad Hoc Pilkada Sumenep. Jika sebelumnya pada 22 Maret usai Petugas Pemungutan Suara (PPS) usai dilantik masa kerjanya langsung ditangguhkan, KPU Sumenep melalui surat bernomor 116/PL.02.1-Kpt/3529/KPU-Kab/III/2020 tertanggal 30 Maret juga memutuskan untuk menangguhkan masa kerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).
“Masa kerja yang ditangguhkan, komposisinya tetap, baik yang PPK maupun yang PPS. Jadi bukan dipecat, hanya masa kerjanya yang ditunda,” tegas Tanzil.
Berbeda dengan PPS yang belum mengawali kerja seusai dilantik pada 22 Maret lalu, untuk Panitia Ad Hod di tingkat PPK, berdasar keputusan KPU Sumenep akan tetap mendapatkan honorarium sesuai dengan masa kerja yang telah dijalani, yakni selama bulan Maret.
“Untuk bulan berikutnya selama masa penangguhan masa kerja, honorariumnya juga ditangguhkan.Hak mereka selama Maret tetap akan diselesaikan,” pungkas Tanzil.
Sumenep sendiri, terdiri dari 27 Kecamatan dan masing-masing kecamatan terdapat sebanyak lima anggota PPK dan tiga orang pegawai sekretariat. Total terdapat sebanyak 216 personel di tingkat PPK yang ditangguhkan masa kerjanya.
Sebelumnya, KPU Sumenep juga sudah menangguhkan rekrutmen Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) dan menangguhkan masa kerja PPS Pilkada se-Kabupaten Sumenep. (bri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *